Hingga kini dolar masih memanggang mata uang kepala di dunia. Namun dari Kepresidenan donald Trump, meningkatkan keraguan apakah masih become bertahan di dalam waktu lama. Mata uang what yang berpotensi lebih unggul?


*

Ilustrasi mata uang yuan dan dolar


Agar mungkin memenuhi syarat such cadangan global, sebuah panggilan harus memenuhi berbagai kriteria, ujar Gertrud Traud, kepala Ekonom di financial institution Landesbank Hessen-Thüringe (Helaba). Di antaranya, valuta itu harus diterima secara internasional such alat pembayaran, nilainya stabil, dan berlaku kemudian unit hitung atau mata uang jangkar dengan cost tukar militer terhadap valuta lain.

Anda sedang menonton: Yuan mata uang negara mana

"Kebanyakan anda melihat cadangan devisa," ujar Traud, menjelaskan cadangan panggilan asing apa ditimbun oleh bank sentral sebuah negara untuk dapat does intervensi di pasar valuta ekstratritorial (misalnya karena membeli mata uang dipum mereka dan mendukung nilainya).

Dalam halaman ini, valuta Amerika Serikat (AS) terbilang mendominasi, mencapai 60% cadangan devisa di seluruh dunia disimpan batin bentuk dolar AS. Tentang 20% dll disimpan di dalam mata mata uang euro. Selebihnya ada yang disimpan di dalam mata monetary poundsterling, yen, dan yuan. Cadangan devisa yang disimpan dalam yuan besarannya menjangkau sekitar2%.

Valuta asing always berarti dolar?

Selama masa jabatannya kemudian Presiden AS, donald Trump sering mengeluh bahwa defisit anggaran AS saat ini tidaklah adil. Tetapi ini adalah hasil yang tidak bisa dihindari pulih tingginya kebijakan belanja otoritasnya dan diiringi mencapai keringanan pajak secara simultan, menurut Galina Kolev dari Institut Ekonomi Jerman.

Utang nasional bangsa itu naik 3,2 triliun dolar antara kuartal paling banyak 2016 dan kuartal keempat 2019. Defisiensi atau cacat tersebut juga dibiayai oleh investor asing apa selama ini purchas obligasi pemerintah AS.


*

Sekitar 60% cadangan devisa negara-negara di dunia saat ini disimpan batin mata uang dollar AS.


Antara kekuasaan dan kepercayaan

Fakta bahwa dolar mampu mengambil lokasi dominan ini disebabkan melalui situasi usai Perang Dunia kedua berakhir. Hingga saat itu, mata uang pound Inggris masih were mata mata uang dunia. Namun, ekonomi di Eropa saat menemani itu sangatlah lemah asibe perang. Di ~ konferensi di bretton Woods, AS, para pengambil kebijakan kemudian menetapkan kerangka cost tukar tetap buat dolar AS yang akan bertahan selama tiga puluh tahun.

Sejak saat itu sebenarnya noël ada mata uang cadangan resmi, tetapi dolar terus mendominasi. "Terlepas dari segenap pergolakan apa kita alami, dolar adalah nomor satu di dunia dengan stabilitas tinggi," jernih Michael Heise, mantan kepala ekonom di Allianz yang kini menjadi manajer perusahaan dirut aset di Jerman, HQ Trust. Investasi dalam obligasi pemerintah AS sering dianggap noël aman, itulah sebabnya banyak investor menginvestasikan mata uang mereka dalam dolar AS.

Lihat lainnya: Jumlah Suara Untuk 1 Kursi Dpr Ri 2019, Perolehan Kursi Dpr 2019

Menakar kekuatan panggilan regional euro

"Di di dalam Uni Eropa hanya ada beberapa bentuk investasi yang aman sebagai obligasi pemerintah.” kata Tobias Heidland, ekonom di Kiel Institute because that the dunia Economy. Namun meurutnya, budak pemerintah Jerman atau Belanda noel dapat sepenuhnya memenuhi permintaan untuk investasi euro yang aman. Harmonisasi di kawasan euro juga dinilai belum berkembang tampan jauh. Namun, hal ini secara bertahap dapat berubah mencapai diperkenalkannya obligasi euro yang seragam sebagai bagian dari Dana rekonstruksi Corona.