JAKARTA- Setiap manusia tidak lepas dari patahan berujung dosa. Baik dosa geram atau pun kecil. People beriman tentu saja berharap dan mau agar setiap dosa-dosa yang diperbuat dapat diampuni Allah SWT. Lalu, bagaimana kah cara bertobat yang dapat diterima Allah SWT?

KH Nurul Irfan, anggotaenam Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (maloneyfmaloneyforwv.comwv.com) mengatakan bahwa umat Islam diperintahkan malalui Allah untuk melaksanakan taubat sebagaimana perintah Allah di dalam Surah An-Nur ayat 31, apa berbunyi :




وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

’’Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai maloneyforwv.comang-maloneyforwv.comang apa beriman supaya kamu beruntung,’’ QS. An-Nur:31


*

*

*

KH Nurul Irfan mengatakan taubat merupakan bentuk penyesalan dan berjanji buat tidak mengulangi kembali atas segala perbuatan buruk yang selama dilarang malalui Allah SWT. Mengolahnya taubat pun harus dilakukan mencapai bersungguh-sungguh.

Anda sedang menonton: Tata cara bertaubat kepada allah swt


Perintah taubat also disampaikan Allah di dalam ayat lainnya, dengan demikian setiap umat ​​manusia diperintahkan agar menjalankan taubatan nasuha.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ ‎﴿٨﴾

‘’Wahai maloneyforwv.comang-maloneyforwv.comang apa beriman! Bertaubatlah kepada Allah mencapai taubat apa semurni-murninya, mudah-mudahan tuhan kamu ini adalah menghapus kesalahan-kesalahanmu dan input kamu usai dalam surga yang mengalir terdesak sungai-sungai, pada days Ketika Allah noël mengecewakan Nabi dan maloneyforwv.comang-maloneyforwv.comang yang beriman bersama denganya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, saus sambal mereka berkata, ‘Ya tuhan Kami, sempurnakanlah buat kami cahaya kalian dan ampunilah kami; sungguh, Engkau Mahakuasa overhead segala sesuatu’,’’ QS : At-Tahrim : 8


Imam Nawawi, kata Kiai Nurul, mengatakan ada tiga syarat sesemaloneyforwv.comang melakukan taubatan nasuha. Pertama, menyatakan noel mau lagi karena melakukan kemaksiatan yang telah rutin dilakukan. Kedua, harus berjanji karena tidak mengulang apa sering dilakukanya. Ketiga, mencabut diri atau berhenti berbisa terhadap maafkan saya yang sering dilakukannya.

Kiai Nurul Irfan menuturkan, Taubatan Nasuha ini dianggap such taubat apa ideal ketimbang taubat terus ‘’kumat’’. Artinya, jangan sampai sudah melakukan taubat tetapi malah melakukanya kesalahan lagi.

Lihat lainnya: 10 Merk Moisturizer Yang Bagus Untuk Kulit Berminyak (Update Terbaru 2021)

Bahkan, penyimpangan satu ciri maloneyforwv.comang apa bertaqwa adalah maloneyforwv.comang-maloneyforwv.comang melakukan kebencian dan kemaksiatan langsung ingat Allah dan memohon ampunan overhead dosa yang mereka kerjakan. Serta memang noel ada dzat yang dapat mengampuni selain Allah SWT.Semoga, Allah memberikan kita kesempatan karena bertaubat dan diatasi diri sebelum akhir hayat.