Tari Serimpi adalah tarian klasik Keraton Yogyakarta apa ditarikan banyak penari wanita anggun. Gerakan yang pelan dan mengetuk menunjukkan kesopanan dan kelemahlembutan biakan keraton.

Sejarah

Tari Serimpi cantik ada sejak masa kejayaankerajaan Matarampada pemerintahanSultan Agung. Awalnya tarian ini merupakan tarian yang bersifat mistis dan just ditampilkan di Keraton Yogyakarta untuk acara kenegaraan dan peringatan kenaikan takhta Sultan.

Anda sedang menonton: Tari serimpi dibawakan oleh berapa orang

Penari tari serimpi adalah penari apa dipilih oleh keluarga Kerajaan. Usai Kerajaan mataram pecah were dua yaituKesultanan Yogyakarta danKesunanan Surakarta, tarian ini mulai mengalami perubahan dalam segi gerakan. Namun makna dari tarian ini masih sama yaitu sopan dan kelemah lembutan. Sekarang tarian ini ditampilkan karena menyambut tamu dan acara budaya.


*

Dewi Setyawan
Tarian Serimpi
Gerakan lembut tari serimpi

Tari Serimpi

Nama serimpi juga dikaitkan mencapai 4 unsur batin kehidupan manusia yang mewakili 4 orang penari, yaitu grama (api), angin (udara), toya (air), dan bumi (tanah). Kata serimpi berkaitan mencapai makna impi atau mimpi. Saat menyaksikan tari serimpi, penonton cari alunan musik dan gerak keran penari sehingga seolah-olah penonton masuk ke dalam dunia mimpi.

Jenis

Tari Serimpi ini dari masa usai masa telah mengalami berbagai pengembangan, diantaranya dari segi durasi dan pakaian apa dikenakan. Maafkan saya saja ya jenis tari serimpi?

1. Tari Serimpi Sangupati

Tari serimpi sangupati diciptakan oleh Pakubuwono IX. Tapi sebenarnya, tarian ini adalah karya dari Pakubuwono IV. Kata sangupati itu berasal dari kata “Sang Pati” (calon pengganti raja). Tarian ini mencerminkan tentang mengandalikan hawa nafsu.

2. Tari Serimpi Anglirmendhung

Tari serimpi anglirmendhung merupakan tarian yang digubah melalui K.G.P.A.A Mangkunagara I. Awalnya terdiri dari tujuh people penari, lalu were empat penari.

3. Tari Serimpi Ludira Madu

Tari serimpi ludira madu merupakan tarian serimpi apa diciptakan malalui Pakubuwono V. Tarian ini buat mengenang ibundanya apa meninggal. Jumlah penari batin tarian serimpi ludira madu ini adalah 4 people putri.

4. Tari Serimpi Renggawati

Tari serimpi renggawati diciptakan melalui Sultan Hamengkubuwono V. Penari berjumlah 5 people penari. Tarian ini mengisahkan ekstrak dari cerita “Angling Darmo” dengan tambahan properti sebatang menghanguskan dan kemudian burung mliwis putih.


5. Tari Serimpi China

Tarian putri klasik di Istana Keraton Yogyakarta ini kostumnya harus pengaturan dengan pakaian bermotif dari China.

6. Tari Serimpi Padhelori

Tari serimpi padhelori diciptakan melalui Sultan Hamengku a VI dan VII. Properti yang tangan kedua berupa pistol dan cundrik. Tema cerita yaitu “Menak” (perang tanding antara Dewi Sirtu Pelaeli mencapai Dewi Sudarawerti).

7. Tari Serimpi Pistol

Tari serimpi pistol diciptakan melalui Hamengkubuwono VII. Kemudian namanya, pistol adalah properti tarian ini.

8. Tari Serimpi Merak Kasimpir

Tarian ini diciptakan melalui Sultan Hamengkubuwono VII. Properti yang digunakan adalah pistol dan jemparing. Iringan musik keuntungan gending merak kasimpir.

9. Tari Serimpi Pramugari

Tarian ini diciptakan melalui Sultan Hamengkubuwono VII. Tarian ini menggunakan properti pistol dan iringan gending pramugari.


*

Dewi Setyawan
*

Kostum tari serimpi masa kini

Kostum

Pada zaman dulu, busana yang used adalah pakaian pengantin putri Yogyakarta. Saat ini busana yang used adalah baju tidak punya lengan berwarna cerah dan kainjarik(kain batik bermotif).

Kepala penari keuntungan rambutgelunganyang dihiasi mencapai bunga dan hiasan utama bulu burung kasuari. Penari dihiasi menjangkau beberapa aksesoris such kalung, gelang, dan anting.

Lihat lainnya: 32+ Kata Bijak Menyambut Bulan Ramadhan Untuk Teman Dan Keluarga

Selendang diikat di pinggang. Konvensional keris diselipkan di bagian dokter menyilang nanti kiri untuk menari, ada juga yang menggunakan pistol. Penari dirias mencapai tata rias khas Jawa.