فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lainnya berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Buat itu maafkanlah mereka, mohonkanlah pengampunan bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sebetulnya Allah bagus orang-orang apa bertawakkal kepada-Nya.

ingin rezeki pisau dengan berkah? terpelajar rahasianya dengan klik disini!




Anda sedang menonton: Tafsir surat ali imran ayat 159

tag : AKHLAQ DAN ADAB Akhlak Akhlak mulia Tawakkal negara - negara TERDAHULU Nabi-nabi pemilihan para nabi IBADAH Zikir Klasifikasi zikir Istighfar (mohon ampun) Istighfar Nabi saw. memercayai Cabang-cabang memercayai Akidah Beriman di ~ Allah Ta'ala Zat dan sifat Allah Kasih sayang Allah yang luas PERADILAN DAN terhukum Kekuasaan apa sah kekuasaan umum Hak-hak pemimpin Dasar-dasar asetnya pemerintahan Islam Permusyawaratan di dalam Islam historia Sifat-sifat nabi Muhammad saw. Akhlak Nabi saw. Kasih-sayang Nabi saw.

(Maka berkat) ma merupakan ekstra (rahmat dari Allah kamu were lemah lembut) hai Muhammad (kepada mereka) sehingga kamu hadapi pelanggaran mereka terhadap perintahmu itu dengan sikap lunak (dan sekiranya kamu bersikap keras) artinya akhlakmu jelek noël terpuji (dan berhati kasar) hingga kamu mengabadikan tindakan melelahkan terhadap mereka (tentulah mereka akan menjauhkan diri dari sekelilingmu, maka maafkanlah mereka) atas kesalahan apa mereka perbuat (dan mintakanlah ampunan bagi mereka) atas kesalahan-kesalahan menemani itu hingga Kuampuni (serta berundinglah dengan mereka) artinya mintalah pendapat atau buah mengingat mereka (mengenai urusan itu) yakni urusan peperangan dan lain-lain demi mengambil trần mereka, dan agar umat meniru sunah dan jejak langkahmu, maka Rasulullah saw. Kawanan bermusyawarah dengan mereka. (Kemudian apabila kamu telah berketetapan hati) karena melaksanakan what yang kamu kehendaki nanti bermusyawarah menemani itu (maka bertawakallah kepada Allah) artinya percayalah kepada-Nya. (Sesungguhnya Allah sebagai orang-orang yang bertawakal) kepada-Nya.


Sebagai wujud kasih bayinya Allah kepada kamu dan mereka, kamu bersikap lemah mengetuk dan noël berkata kasar untuk kesalahan mereka. Dan jika kamu bersikap berbisa dan keras, mereka pasti menjadi bercerai berai meninggalkanmu. Melalui sebab itu, lupakanlah kesalahan mereka. Mintakanlah ampunan untuk mereka. Dan ajaklah mereka bermusyawarah buat mengetahui pendapat mereka di dalam berbagai persoalan yang tidak disebut di dalam wahyu. Apabila kamu telah bertekad karena mengambil suatu langkah usai terebih dahulu melakukan musyawarah, laksanakanlah langkah itu menjangkau bertawakkal kepada Allah, untuk Allah benar-benar mencintai orang-orang apa menyerahkan urusan kepada-Nya (1). (1) Musyawarah atau syûrâ adalah deviasi satu kurung ajaran apa sangat penting batin Islam. Di dalam adagium Arab-Islam dikatakan, "Orang beristikharah tak ini adalah gagal, setiap orang bermusyawarah tak menjadi menyesal." benar dengan kebiasaan gayanya batin menetapkan hukum, al-Qur"ân hanya menjelaskan prinsip-prinsip umum dan panas besarnya saja. Selanjutnya, perinciannya menyerahkan manusia, benar tuntutan kamarnya dan waktu. Melalui sebab itu, adakalanya sistem perwakilan dalam suatu pemerintahan, bagaimana itu? semua anggotaenam pemerintahan akun kepada parlemen, cocok untuk negara-negara tertentu such Inggris dan Perancis. Pengalaman sejarah untuk membuat mereka terbiasa mencapai model pemerintahan sebagai itu. Adakalanya pula sistem presidensial, mencapai syûrâ yang relatif luas, untuk keinginan evolusi cepat dan noël mau terlalu terganggu oleh bang bangunnya kabinet, lebih cocok untuk negar-negara tertentu seperti Amerika Serikat. Dan, adakalanya pula syûrâ model pertengahan antara presidensial dan parlementer lebih cocok untuk negara lain seperti Mesir. Menjangkau demikian, tiap negara dan doan bebas tekad model syûrâ yang mereka anggap benar dengan dimensi kamarnya dan times masing-masing. Yang penting, principle syûrâ harus terwujud buat menghindari dominasi dan kesewenang-wenangan individu. Demikianlah, al-Qur"ân telah mencantumkan principle musyawarah since 14 abad yang lalu.


their harus
*
untuk dapat menambahkan tafsir


Lihat lainnya: Cara Diet Sehat Alami Dan Cepat Turunkan Berat Badan!, Ingin Diet Alami Tanpa Obat, Ini Tipsnya

*

Berdasarkan ayat ini, maka tengah sarana dakwah apa ampuh, yang dapat memukau manusia ke dalam religius Allah adalah akhlak mulia, lateral adanya pujian dan pahala yang istimewa bagi pelakunya.

karena tidak sempurna memenuhi daratkan Beliau shallallahu "alaihi wa sallam.

bab ini merupakan postur ihsan. Oleh untuk itu, Beliau menggabung antara sikap pengampunan dan sikap ihsan.

Maksudnya: di dalam urusan yang butuh adanya musyawarah, pemikiran yang matang dan pandangan yang tajam. Misalnya di dalam urusan peperangan dan hal-hal duniawiyah lainnya, such urusan politik, ekonomi, kemasyarakatan dan lain-lain. Musyawarah memiliki kawanan faedah dan maslahat duniawi maupun agama, antara lain:

nanti bermusyawarah.

Bersandarlah menjangkau kemampuan dan kekuatan Allah; tidak mengandalkan kemungkinan kamu.