Assalamualaikum Sobat maloneyforwv.com! hari ini kita menjadi membahas mengenai operasinya Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan lingkaran Kelas 6 SD. Sebelumnya kita harus mengetahui dulu apakah pengertian dari bilangan bulat?

Pengertian Bilangan lingkaran

Bilangan lingkaran terdiri dari bilangan negatif, nol, dan positif. Diatas garis bilangan, semakin ke kanan, semakin terlalu tinggi nilainya. Sebaliknya , jika semakin usai kiri, semakin kecil nilainya.




Anda sedang menonton: Soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas 6

*
Garis bilangan bulat
Sifat – sifat Penjumlahan

Bilangan bulat Sifat-sifat diatas penjumlahan bilanganbulat ada dua (2), yaitu komutatif dan assosiatif.

Sifat komutatif adalah sifat pertukaran dua bilangan di atas operasi hitung penjumlahan, sesuai pengerjaan kerja hitung dua bilangan yang ditukarkan tempatnya tersebut hasilnya sama. Contoh : 14 + 12 = 12 + 14 10 + (-2) = (-2) + 10

Sifat assosiatif di dalam penjumlahan adalah mengelompokkan tiga bilangan atau lebih dengan urutan berbeda. Contoh : 3 + (4 + 5) = (3 + 4) + 5 12 + (9 + (-4)) = (12 + 9) + (-4)

Menjumlahkan bilangan lingkaran negatif sama seperti mengurangkan bilangan lingkaran positif. Ini lebih sederhana dilakukan dengan baris bilangan, tetapi kamu mungkin memikirkannya batin bentuk prasasti juga. Bilangan negatif bukanlah bilangan biasa; bilangan ini kurang dari nol dan dapat mewakili jumlah apa diambil. Jika kamu appendisitis pengambilan ini setelah bilangan biasa, hasilnya were lebih kecil.

Contoh Soal Penjumlahan Bilangan bulat 10 + -3 = 10 – 3 = 7 -12 + 18 = 18 + -12 = 18 – 12 = 6-25 + (-20) = – 45

Contoh soal cerita penjumlahan bilangan bulat

Pada tetua fisika, seorang siswa melakukan pengukuran suhu diatas sebongkah es. Suhu pita pengukur tersebut mula-mula –5°C. Setelah dipanaskan, pita pengukur berubah dulu air yang bersuhu 3°C. Berapakah kenaikan suhu pita pengukur tersebut hingga were air?Jawab : Jika ada kata “dipanaskan” berarti di tambah dan jika ada kata “penurunan” berarti di kurang.Jadi, -5 + 3 = -2 °C

Pengurangan Bilangan Bulat

Dibawah ini merupakan tabel sifat-sifat pengurangan bilangan bulat


*
Sifat-sifat pengurangan

Berikut adalah contoh soal cerita mengenai pengurangan bilangan berbunyi

Pada percobaan fisika, seorang siswa melakukan pengukuran suhu di ~ Segelas Kopi. Temperamen Kopi tersebut mula-mula –75°C. Ke didiamkan mayoritas menit, perangai kopi berubah dulu 43°C. Berapakah Penurunan temperamen kopi tersebut ?Jawab : -75 + 43 = -32 °C Sebuah shopping center berlantai 8 mempunyai 2 lantai berada under tanah. Seorang pengunjung mula-mula berada di lantai 4 shopping mall itu. Untuk ada suatu keperluan, ia dibawah 5 lantai, then naik 3 lantai. Di lantai berapakah pengunjung itu menampakkan berada? Jawab : 4 – 5 + 3 = 2 Jadi, seorang pengunjung berada di lantai 2.

Demikian penjelasan mengenai penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Harapan bermanfaat! Jangan lupa untuk jaga health ya sobat maloneyforwv.com!

Thank you!


#bilanganbulat#pengurangan#penjumlahanmatematikasd


Lihat lainnya: 17 Manfaat Ginseng Jawa Vs Ginseng Korea !, Perbedaan Ginseng Jawa Dan Ginseng Korea

ByIsnaini0 Comments

Leave a answer Cancel reply

Your email deal with will no be published. Required areas are significant *