Mitos Nyi Roro Kidul muncul untuk kekalahan Sultan Agung. Mitos turunannya setiap king Mataram menjadi suami Ratu pantainya Selatan itu.

Anda sedang menonton: Sejarah nyi roro kidul ratu pantai selatan



*
gambar Nyi Roro Kidul karya ahli pemain alat musik Basoeki Abdullah.

Nyi Roro Kidul telah kehidupan lama batin ingatan masyarakatJawa. Ia disebut luaran hubungan mencapai para raja Jawa. Konon, setiap penobatan raja Jawa sekaligus ritual pernikahan mistis dengan Ratu pantai Selatan itu.Siapa acibe Nyi Roro Kidul? asal usulnya ada pemfitnahan versi.

Antropolog Robert Wessing dalam “A Princess native Sunda: Some facets of Nyi Roro Kidul,” Asian Folklore Studies Vol. 56 five 1997, menyatakan bahwa ratu Kidul ini pertama adalah putri dari kerajaan Galuh, sekira abad 13. Ada pula versi apa menyebut dia adalah keturunan penguasa Pajajaran. Kemudian ada yang mengatakan dialah keturunan raja Airlangga dari Kahuripan, kelewat masih ada apa mengaitkannya dengan raja Kediri Jayabaya.

Dikisahkan, ratu Ayu dari Galuh melahirkan seorang bayi perempuan. Keanehan muncul, bayi perempuan itu mungkin bicara dan mengatakan bahwa itu adalah penguasa segenap lelembut di tanah Jawa dan ini adalah berdiam di pantai Selatan. Bersamaan itu pula, roh raja Sindhula dari Galuh pun muncul dan bersabda bahwa cucunya tersebut tak akan bersuami buat menjaga kesucian dirinya, dan jika bersuami pun kelak adalah just bisa dikawini melalui raja-raja Islam di Jawa.


Ratu pantainya Selatan ini menunggu suaminya hingga dua abad lamanya. Panembahan Senapati, yang memerintah mata ramin Islam 1585-1601, pergi setelah Pantai Selatan buat bersemedi memohon petunjuk karena memenangkan peperangan melawan Sultan pajang di Prambanan. Dikatakan ketekunannya making Laut Selatan bergolak. Istana ratu pantai Selatan yang berada didasarnya porak poranda buat kekuatan doa Panembahan Senapati.

Ratu Kidul pun diambil sarang, muncul di permukaan lautan. Dia tertegun melihat seorang pemuda kuat tengah bersemedi. Itu langsung bang hati dan bersimpuh di feet Panembahan Senapati. Nanti bercinta tiga aku tiga malam di istana bawah laut Selatan, ratu pantai Selatan pun berjanji akan help Senapati memenangkan peperangan.


Senapati pun percepat menuju palagan Prambanan mencapai dibantu korps arwah dari pantai Selatan. Panembahan Senapati saya menang gemilang.


Cucu panembahan senapati, Sultan Agung apa memerintah 1613-1646, produksi tarian bedhaya yang mengisahkan balada dicintai kakeknya mencapai Ratu Kidul. Saat terjadi palihan nagari 1755, tulis Nancy K. Florida di dalam “The Badhaya Katawang: A translate in of the song of Kangjeng ratu Kidul,” Indonesia nomor 53 lima 1992, keraton Yogyakarta mendapat bagian bedhaya semang dan keraton Surakarta bedhaya ketawang. Tarian ini were sakral dan diamanatkan saat upacara penobatan raja baru.

Dalam pidato penerimaan memaafkan Ramon Magsaysay 1988, sastrawan pramoedya Ananta pembicara mengatakan bahwa cerita Ratu lautnya Kidul itu hanya mitos belaka. Dalam pidato tertulisnya apa berjudul Sastra, sensor dan Negara: Seberapa jauhnya Bahaya Bacaan? Pram keluar para pujangga istana mata ramin menciptakan mitos Nyi Roro Kidul seperti kompensasi kekalahan Sultan Agung saat bertindihan Batavia, sekaligus rindu menguasai jalur perdagangan di Pantai utara Jawa.


“Untuk kerang kehilangan tersebut pujangga Jawa menciptakan Dewi lautnya Nyi Roro Kidul such selimut, bahwa mata ramin masih kuasai laut, here Laut Selatan (Samudera Hindia). Mitos ini melahirkan anak-anak mitos yang lain: bahwa setiap raja Mataram beristerikan Sang Dewi tersebut,” tulis Pram.

Pram juga mengatakan bahwa mitos tabu keuntungan pakaian berwarna hijau di kanton Pantai Selatan untuk pujangga istana mata ramin ingin diputus asosiasi orang di ~ warna pakaian prajurit Kompeni (VOC) yang tambahan berwarna hijau.

Lihat lainnya: Sebutkan Dan Jelaskan Syarat Pakaian Muslimah Yang Harus Dipenuhi

Menurut Nancy, koneksi Sultan Yogyakarta mencapai Nyi Roro Kidulpernah renggang saat meninggalnya Sultan Hamengkubuwono IX pada2 Oktober 1988. Namun, saat penobatan Sultan Hamengkubuwono X, dengan lanskap histeria massa dalam penobatannya, konon dukungan dan menghubung dengan Nyi Roro Kidul baik-baik saja.