profil Regulasi Layanan RB Data berita Galeri info
*

Mimbar Dakwah Sesi 67 : Sebaik-baik manusia
melalui :

Yudi Yansyah S.Pd.i

PenyuluhAgama Islam Kecamatan Bojong Genteng

KementerianAgama Kabupaten Sukabumi

 

 

Assalamu"alaikumWr.Wb

Hadirinrohimakumulloh

Manusiamana yang noël menginginkan were baik? Apalagi jika bisa konon menjadisebaik-baik manusia. Masya Allah, ingin rasanya kita bisa menjadi sebaik-baikmanusia bukan just di mata manusia, tapi lebih dari itu were sebaik-baikmanusia di mata Allah dan Nabi-Nya.

Anda sedang menonton: Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Andailabel ‘Sebaik-baik Manusia’ itu bisa dibeli, maka kala orang-orangberharta menjadi lebih dulu mendapatkan predikat ‘Sebaik-baik Manusia’ itu. Tapi,bersyukurlah kita terlahir seperti seorang muslim apa mukmin. Untuk rupanya,untuk mendapatkan titel ‘Sebaik-baik Manusia’ akun itu tak perlulah merogoh kocekyang banyak, tapi perlu perjuangan apa besar dan keimanan apa kuat.

MenurutNabi Muhammad SAW, untuk bisa were ‘Sebaik-baik Manusia’ maka bisamemperhatikan beberapa sabdanya berikut ini:

Pertama,‘Sebaik-baik Manusia’ adalah orang apa mempelajari Al-Qur"an danmengajarkannya. Bab ini seperti disebut di dalam hadis Nabi Shallallahu ‘AlaihiWasallam:

 

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sebaik-baik kalian adalah orang apa mempelajarial-Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari no. 5027).

Dalamhadis ini, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memberikan standar bahwa sebaik-baik manusia adalah siapa sajadari umatnya yang mempelajari al-Quran lalu mengajarkannya kepada people lain.Al-Quran adalah Kalamullah (Kitab Allah) yang diturunkan kepada Nabi MuhammadSAW such pedoman hidup.

 

Kedua,‘Sebaik-baik Manusia’ adalah orang yang baik akhlaknya. Rasulullah SAWbersabda:

 

إِنَّ خِيَارَكُمْ أَحَاسِنُكُمْ أَخْلَاقًا

“Sesungguhnya sebaik-baik orang tengah kalianadalah yang paling baik akhlaknya.” (HR. Bukhari no. 6035).

Sebaik-baikmanusia dalam hadis ini adalah tergantung akhlaknya kepada people lain. Akhlakyang baik dulu barometer untuk menjadi sebaik-baik manusia. Bahkan, NabiShallallahu ‘Alaihi Wasallam diutus setelah bumi ini pun karena menyempurnakanakhlak.

Ketiga,‘Sebaik-baik Manusia’ adalah people yang paling diharapkan kebaikannya dan oranglain pun saya baik-baik saja aman dari kejelekannya. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallambersabda:

خَيْرُكُمْ مَنْ يُرْجَى خَيْرُهُ وَيُؤْمَنُشَرُّهُ

“Sebaik-baik kalian adalah orang apa diharapkankebaikannya dan (orang lain) dirasa aman dari kejelekannya.” (HR. At-Tirmidziyno. 2263).

Adaorang ketika mendengar nama belakang seseorang disebut sudah malas mendengarnya dancenderung ingin menjauh darinya buat orang tersebut dikenal keburukannya.Tapi, sebaliknya, ada orang yang kedatangannya diharapkan banyak orang, danorang yang dekat dengannya akan always merasa aman dan nyaman. Tipe terakhirinilah yang disebut Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sebagai sebaik-baikmanusia.

Keempat,‘Sebaik-baik Manusia’ adalah setiap orang yang paling baik kepada keluarganya. Hal iniseperti disabdakan oleh baginda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam:

خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لِأَهْلِهِ

“Sebaik-baik kalian adalah people yang most baikterhadap keluarganya.” (HR. At-Tirmidziy no. 3895).

Dalamhadis ini, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengatakan bahwa untuk menjadisebaik-baik manusia, seorang muslim bisa ~ melakukannya dengan berbuat yangterbaik kepada segenap anggota keluarganya. Berbuat baik kepada familic menjadiindikator seseorang disebut kemudian sebaik-baik manusia, karena rupanya taksedikit seorang suami atau ayah apa berbuat berbisa kepada keluarganya.

Kelima,‘Sebaik-baik Manusia’ adalah orang apa faqih (faham) dalam masalah syariat Islam. Ini kemudian sabda NabiShallallahu ‘Alaihi Wasallam:

فَخِيَارُكُمْ فِي الْجَاهِلِيَّةِ خِيَارُكُمْفِي الْإِسْلَامِ إِذَا فَقُهُوا

“Maka sebaik-baik orang di antara kita di masaJahiliyyah adalah yang most dalam Islamnya apabila mereka memahami (ajaran Islam).” (HR. Bukhari no.3374).

Wajarjika Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengatakan sebaik-baik human adalahmereka apa lebih faqih terhadap hukum-hukum Islam. Secara logika, people yangfaqih menjangkau hukum-hukum Islam, makatutur kata dan sikapnya akan were teladan bagi orang-orang apa ada di sekitarnya.Bahkan tak langka pendapat dan nasehatnya seringkali diminta untukmenyelesaikan sebuah masalah.

Keenam,‘Sebaik-baik Manusia’ adalah orang apa gemar memberikan makanan kepada oranglain dan angklung salam. Dalam sebuah hadis, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallampernah bersabda:

 

خِيَارُكُمْ مَنْ أَطْعَمَ الطَّعَامَ وَرَدَّالسَّلَامَ

“Sebaik-baik setiap orang di antara kalian adalah orangyang memberikan makanan dan menjawab salam.” (HR. Ahmad 6/16).

 

Adadua amal apa bisa dilakukan melalui seorang muslim jika ia ingin mendapat labelsebagai sebaik-baik manusia di dalam hadis di atas:

Pertama,orang yang memberi makanan, dan kedua, orang apa menjawab salam. Mari kitaanalisa, orang yang memberi makan disebut kemudian sebaik-baik manusia, mengapa?Bisakah itupenggunaan merasakan saat sedang kelaparan? Fahamilah, ternyata orang yanglapar apalagi kelaparan ini adalah membuat lemah bukan hanya fisiknya saja tapi jugaimannya, terbatas ia bisa actions nekad dan melanggar politik agama.

Kedua,orang yang ringan menjawab salam. Hari ini, tak sedikit orang apa acuh dan takmau angklung salam. Jika ditanya apakah mereka yang noel menjawab salam itubukan orang muslim? tentu saja mereka menjadi marah jika ditelepon non muslim? Menjawabsalam menjadi salah satu tanda sebaik-baik manusia. Karena itu, segeralahmenjawab salam jika ada saudara kita apa menebar salam.

Ketujuh,‘Sebaik-baik Manusia’ adalah orang yang senang merapatkan shaff batin shalat.Tentang hal ini, Rasulullah experienced telah bersabda:

خِيَارُكُمْ أَلْيَنُكُمْ مَنَاكِبَ فِيالصَّلَاةِ

“Sebaik-baik setiap orang di antara kami adalah yangmempunyai bahu paling lembut di di dalam shalat.” (HR. Abu Daawud no. 672).

Maksudhadits ini adalah bahwa penyimpangan satu katagori orang yang paling baik adalah orangyang selama berada di batin shaff, kemudian ada orang lain apa memegangbahunya untuk menyempurnakan (merapatkan dan meluruskan) shaff, ia ini adalah tundukdengan trần yang ikhlash lainnya lapang tanpa ada pembangkangan (lihat dalamBadzlul-Majhuud 4/338 dan Ma’alimus-Sunan 1/184).

Kedelapan,‘Sebaik-baik Manusia’ adalah orang yang panjang usianya dan baik pulaamalannya. Circa hal ini, Rasulullah saw bersabda:

خِيَارُكُمْ أَطْوَلُكُمْ أَعْمَارًا، وَأَحْسَنُكُمْأَعْمَالًا

“Sebaik-baik rakyat di antara kami adalah yangpaling panjang usianya dan most baik amalannya.” (HR. Ahmad 2/235 &2/403).

Adapepatah ‘Tua-tua keladi, makin basi makin jadi’ sebuah pepatah apa menunjukanusia seseorang apa sudah senja tapi prilakunya kian menjadi-jadi dan membuatorang lain apa melihatnya tidak menyenanginya. Sebaliknya, penyimpangan satu tandakeberkahan lives seorang hamba adalah ketika itu diberi umur singa hinggausia lanjut, tapi dialah semakin shalih dan banyak beramal.

Orangsemacam menemani itu benar-benar sadar bahwa sebentar lagi kereta kematian ini adalah datangmenghampirinya, sehingga mencapai segala daya dan upaya ia curam amalibadahnya dan sekuat tenaga memperbanyak bekal menuju kehidupan akhirat. Diasangat sadar bahwa seusianya itu siap seharusnya memperbanyak istighfar danzikrullah selalu agar implisit orang-orang yang beruntung di akhirat kelak.

Kesembilan,‘Sebaik-baik Manusia’ adalah orang yang menepati janji. Rasulullah SAWbersabda:

 

أُولَئِكَ خِيَارُ عِبَادِ اللَّهِ عِنْدَاللَّهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْمُوفُونَ الْمُطِيبُونَ

“Mereka adalah para hamba opsi di sisi Allah padahari Kiamat, yaitu orang-orang yang menepati janji dan berbuat baik.” (HR.Ahmad 6/268).

YaRabbi, noel mudah were orang yang selalu menepati janjinya. Betapa banyakdi antara kita apa saat berjanji mulut spratly hingga berbusa, tapi siapa tahu kapanjanji-janji itu akan diwujudkan. Penyimpangan satu indikasi dulu sebaik-baikmanusia, di dalam hadis pada adalah orang yang senantiasa berusaha untuk selalumenepati janjinya, ketika dan kepada siapa pun.

Kesepuluh,‘Sebaik-baik Manusia’ adalah orang yang paling bermanfaat bagi setiap orang lain.Rasulullah saw bersabda:

 

وَخَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

“Dan sebaik-baik manusia adalah yang palingbermanfaat bagi umat ​​manusia lainnya.” (HR. Al-Qadlaa’iy di dalam Musnad Asy-Syihaabno. 129, Ath-Thabaraaniy batin Al-Ausath no. 5787).

Lihat lainnya: Mendoakan Anak Yang Baru Lahir Sesuai Ajaran Islam, Doa Untuk Bayi Baru Lahir

Bisajadi kita bukan orang apa berpengaruh. Bisa jadi kita berpendidikan rendah,berekonomi lemah dan tak kerumunan pengikut serta pengaruh. Namun, kapan kitabisa memberi kerumunan manfaat bagi people lain, maka Insya Allah untuk kita termasukdalam doan sebaik-baik manusia such dijelaskan dalam hadis di atas.

Semuaadalah pilihan. Termasuk lives ini juga pilihan. Setiap orang ada di memanggang kita;dengan cara maafkan saya kita mau menjadi ‘Sebaik-baik Manusia’ maka Rasulullah SAWsudah menjelaskan dalam beberapa hadisnya di atas. Silahkan, tinggal pilih kitamau menjadi sebaik-baik manusia dengan cara mengamalkan ibadah dan amal apa,semua terlalu banyak lagi tergantung di ~ kita, wallahua’lam.