Di markas besar pesatnya perkembangan industri kuliner saat ini, berposisi jajanan secara tradisional memang perlahan tergeser menjangkau jajanan masa kini. Jajanan tradisional dan jajanan saat ini memang luaran cita rasanya dan jernih pembuatan yang berbeda, jajanan tradisional biasanya manfaat bahan sederhana, sebagai tepung beras, tepung ketan, jagung, ubi dan juga singkong.

Anda sedang menonton: Resep makanan tradisional dari singkong

Nah, dibawah ini adalah jajanan tradisional yang terbuat dari singkong, meskipun mudah tetapi rasanya tetap juara di lho. Yuk simak, bisa salah satunya ada favoritmu?


*
cookpad.com/Adelia Izza

Getuk adalah singkong yang dikukus then dihaluskan, usai halus, voila! Jadilah getuk. Getuk konvensional dibuat peluang dengan rasa orisinal apa diberi sedikit garam atau mempan manis mencapai menambahkan gula merah saat dihaluskan.

Untuk menikmati getuk, dingin taburi dengan kelapa parut yang sudah dikukus dan dibumbui sedikit garam. Hasil pengukusan agar kelapa noël mudah basi dan penambahan garam supaya kelapa were lebih gurih. Nah, saat ini getuk juga sudah divariasikan batin berbagai bentuk lho, seperti:

Getuk lindri: Getuk lindri adalah getuk yang diberi cat beraneka macam sebagai hijau, pink dan cokelat, kemudian dicetak sehingga bertekstur seperti mi dan dipotong kotak, ke itu sajikan dengan kelapa parut. Getuk goreng: Getuk goreng adalah oleh-oleh khas dari menyiksa Sokaraja, Banyumas dan Purwokerto. Melelahkan dasar getuk manis kemudian dibentuk pantas selera dan digoreng mencapai melapisi getuk pakai adonan tipis tepung. Rasanya manis, legit dan empuk. Getuk trio: Dinamakan trio mungkin untuk dalam satu irisan getuk terdapat tiga warna, yaitu putih, pink dan cokelat namun tidak punya taburan kelapa parut. Kemasannya yang praktis dan rasanya apa lembut making getuk ini populer such oleh-oleh dari Magelang.
*
cookpad.com/Lia Luthfia "RWijaya

Lemet terbuat dari parutan singkong apa dicampur dengan gula merah, sedikit garam kemudian dibungkus lembaran pisang dan dikukus. Jajanan ini simpel tetapi mengenyangkan. Rasa manis, lembut, dan kenyal singkong.

Lihat lainnya: Ciri-Ciri Ikan Cupang Bangkok, Ciri Ciri Ikan Cupang Aduan Yang Bagus


*
cookpad.com/Mutia Bumi

Membuat sawut dingin mudah, kupas singkong lalu cuci bersih, ke itu serut berbisa singkong, tambahkan gula merah apa telah disisir dan sedikit garam, lalu masukkan usai dalam panci kukus dan tunggu hingga matang. Kemudian halnya getuk, sawut tambahan disajikan menjangkau parutan kelapa. Rasa perpaduan antara gurih dan manis. Enak!


*
cookpad.com/kiara

Misro adalah gorengan dari singkong parut, ditambah parutan cocos secukupnya dan sedikit garam kemudian dicampur rata sampai jernih dapat dipulung dan dibulatkan. Dahulu digoreng, di di dalam adonan misro diberi isian gula merah dan ke matang gula merah menjadi meleleh, yummy deh!

Untuk penyebutan namanya pun beragam, di quận Jawa barat jajanan ini berpendapatan misro, di daerah Jawa Timur sering disebut jemblem, di Jawa markas besar dengan sebutan klenyem, di Yogyakarta berpendapatan cemplon dan orang Cilacap menyebutnya ondol-ondol.

Nah, kalau di daerahmu disebut maafkan saya guys?


*
cookpad.com/mira

Jika misro memiliki cita rasanya manis, combro rasa gurih dengan isisan oncom. Nyata dan cara lakukan sama mencapai misro tetapi combro dibuat gurih dan pedas. Nama belakang combro individu merupakan singkatan dari ‘Oncom di jero’ yang berarti "Oncom di dalam". Noël selalu oncom, banyak penjaja gorengan making combro mencapai isian tempe cincang apa dibumbu pedas. Enak banget!