Berikut ini adalah pembahasan dan mengunci Jawaban PPKN Kelas 10 Semester 2 halaman 228 hal 7 Wawasan Nusantara di dalam Konteks bangsa Kesatuan republikan Indonesia Uji Kompetensi 7 hal 228 angka 1 - 5 Essai. Mengunci jawaban ini dibuat untuk membantu bekerja pada soal ppkn bagi kelas 10 di semester 2 halaman 228. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 10 dapat menyelesaikan tugas Wawasan Nusantara dalam Konteks country Kesatuan republik Indonesia Kelas 10 halaman 228 apa diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Semester 2.

Anda sedang menonton: Pkn kelas 10 semester 2 bab 7


*

1.Wawasan Nusantara di atas hakikatnya merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan berdasarkan Pancasila dan UUD NRI tahun 1945. Jelaskan koknya pentingnya Wawasan Nusantara batin konteks NKRI?
Jawaban :Dalam definisi kertas NKRI, Wawasan Nusantara kemudian wawasan nasional negara Indonesia dan merupakan diperlihatkan dari islands Nusantara such satu kesatuan. Sehingga Wawasan Nusantara merupakan hal apa sangat penting di dalam konteks NKRI karena menjadi pola yang mendasari cara berpikir, bersikap dan bertindak dalam rangka diobati permasalahan apa menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
2. Wawasan Nusantara such visi bangsa menjadikan country Indonesia adalah bangsa apa satu dengan wilayah yang satu dan pleno pula. Berdasarkan bab tersebut jelaskan kedudukan, fungsional dan tujuan dari konsepsi Wawasan Nusantara bagi negara Indonesia!
Jawaban :Kedudukan,Wawasan Nusantara berkedudukan kemudian visi bangsa. Penglihatan bangsa Indonesia pantas dengan risalah Wawasan Nusantara adalah dulu bangsa apa satu mencapai wilayah apa satu dan pleno pula serta sebagai salah satu konsepsi ketatanegaraan republik Indonesia.Fungsi, sebagai landasan visional batin menyelenggarakan hayatnya nasional bagi penyelenggaraan negara di tingkat pusat, daerah, maupun bagi seluruh person Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Tujuan, mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan person Indonesia yang lebih prioritas kepentingan nasional daripada kepentingan individu, doan golongan, kesukuan bangsa ataukah daerah.
3. Ketahanan nasional di atas hakikatnya bergantung kepada kemampuan negara dan negara di dalam mendayagunakan secara optimal gatra alamiah. Jelaskan aspek trigatra batin Wawasan Nusantara!
Jawaban :Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara yaitu :1) Letak dan Bentuk Geografis Indonesia, terletak di ~ 6 louis – 11 LS, 95 BT – 141 BT2) Keadaan dan kemampuan Penduduk, kemampuan inhabitants yang noël seimbang dengan pertumbuhan warga dapat menimbulkan ancaman terhadap pertahanan nasional3) Keadaan dan kekayaan Alam, jumlahnya yang terbatas dan penyebarannya noël merata dapat menimbulkan ketergantungan dari dan oleh bangsa lain
4. Ketahanan nasional di ~ hakikatnya ketergantungan kepada kemampuan bangsa untuk penciptaan terms dinamis apa merupakan kekuatan di dalam penyelenggaraan kehidupan nasional. Berdasarkan hal tersebut jelaskan aspek pancagatra di dalam Wawasan Nusantara!
Jawaban :Aspek Pancagatra dalam Wawasan Nusantara yaitu :1) IdeologiIdeologi adalah pengetahuan dasar ataukah cita-cita. Ideologi merupakan konsep yang mendalam mengenai kehidupan apa dicita-citakan serta yang ingin diiperjuangkan batin kehidupan nyata.2) PolitikDalam halaman ini politik diartikan kemudian asas, haluan, atau kebijaksanaan yang digunakan buat mencapai hasil dan kekuasaan.3) Ekonomi Kegiatan ekonomi adalah seluruh kegiatan pemerintah dan masyarakat batin mengelola faktor untuk membuat dan menyebarnya barang dan jasa karena kesejahteraan rakyat.4) Sosial Budaya Sosial biakan merupakan terms dinamis budaya bangsa apa berisi keuletan karena mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ATHG apa membahayakan kelangsungan kehidupan sosial NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.5) pertahanan dan Keamanan Pertahanan dan kerahasiaan diartikan such kondisi untuk bergerak kehidupan defence dan keamanan country Indonesia yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan memperbaiki ATHG.

Lihat lainnya: 10+ Kata Kata Bijak Dalam B Inggris, Kumpulan Kata


5. Implementasi Wawasan Nusantara selalu berorientasi pada kepentingan orang dan wilayah tanah air secara pleno dan menyeluruh. Jelaskan implementasi Wawasan Nusantara dalam bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM bagi negara Indonesia!
Jawaban :1) di dalam kehidupan politik become menciptakan penginapan penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis.2) dalam kehidupan ekonomi menjadi menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan pembayaran di muka kesejahteraan dan kemakmuran orang secara merata dan adil. 3) dalam kehidupan sosial budaya become menciptakan sikap batiniah dan lahiriah apa mengakui, menerima, dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinnekaan.4) batin kehidupan Hankam menjadi menumbuhkembangkan kesadaran cinta negara air dan bangsa, yang lebih next akan membentuk sikap bela negara pada setiap burger negara Indonesia.