On Kicau - Cucak jenggot (CJ) adalah burung masteran yang sedang naik lembaran dan kerumunan dipelihara oleh para pemain burung lomba karena dijadikan kemudian burung masteran.

Anda sedang menonton: Perbedaan cucak jenggot jantan dan betina om kicau

Suara tembakan dan besetan berbisa Cucak jenggot memang mendesak cocok dulu materi lagu-lagu burung-burung lomba such Murai Batu, Kacer, Cucak ijo, dan burung-burung lainnya untuk akan suara sangat dominan ketika mengeluarkan materi isian Cucak jenggot saat dilombakan.

Baca juga: kelebihan dan dirampas Cucak jenggot vs mi tembak

Meskipun burung Cucak jenggot jantan dan betina sama-sama bisa berkicau dan sanggup gacor, tapi kebanyakan penggemar burung kicau lebih memilih Cucak jenggot betina buat dijadikan sebagai burung masteran untuk suaranya lebih denda dan lebih cerewet.

Untuk membedakan tipe kelamin Cucak jenggot memang agak sulit untuk antara burung jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan cat bulu yang serupa.

Tapi jika diperhatikan mencapai lebih seksama pada kenyataannya ada pemfitnahan ciri-ciri apa membedakan antara burung Cucak jenggot jantan dan Cucak jenggot betina.

Berikut ini mayoritas ciri-ciri yang membedakan antara burung Cucak jenggot jantan dan betina:

*
Burung Cucak Jenggot jantan dan betina

Ciri-ciri burung Cucak jenggot jantan:

1. Sikap tubuh burung Cucak jenggot (CJ) jantan lebih berbohong dan jenjang.

2. Bentuk terutama burung Cucak jenggot jantan lebih terlalu tinggi dengan bentuk paruh yang lebih berbohong dan tampak kokoh.

3. Leher burung Cucak jenggot jantan lebih geram dan singa serta tampak kekar, dan selagi melenggok just lehernya saja noël disertai mencapai pergerakan badannya.

4. Ekor burung Cucak jenggot jantan tampak lurus satu mendayung dengan tengkuk dan punggungnya meskipun dalam berbagai posisi, baik di dalam posisi buat perdamaian maupun selama sedang berkicau.

5. Cakupan mata burung Cucak jenggot jantan shine lebih geram dan warnanya lebih mengaburkan dengan sorot mata sharp dan tampak garang.

6. Rentang sayap keseluruhan Cucak jenggot jantan mungkin mencapai 32 - 33 cm dengan berbohong ekor menjangkau 9 - 10 cm.

7. Tulang supit burung Cucak jenggot jantan lebih rapat dan terasa melelahkan saat ditekan menjangkau jari.

8. Suara kicauan burung Cucak jenggot jantan lebih bervariasi dan lebih sering nyiul, tapi sebagian geram variasi kicauannya dilantunkan dengan kriwikan (ngeriwik).

9. Cucak jenggot jantan sering berperilaku membusungkan dadanya kapan melihat ataukah dipertemukan mencapai Cucak jenggot lainnya

Ciri-ciri burung Cucak jenggot betina:

1. Sikap tubuh burung Cucak jenggot betina lebih pincang dan tampak buntet atau bulat.

2. Bentuk kepala burung Cucak jenggot betina lebih kecil dengan bentuk paruh agak pipih.

3. Lingkaran mata burung Cucak jenggot betina tampak lebih kecil dan sorot matanya tampak sayu.

4. Bentuk lehernya agak cacat dan selagi melenggok selalu disertai mencapai pergerakan tubuhnya.

5. Ekor burung Cucak jenggot betina lebih cacat dan tampak melengkung mendekati tangkringan, terutama ketika batin posisi tenang atau tidur.

6. Rentang sayap burung Cucak jenggot betina keseluruhan just mencapai 28 - 30 cm dengan singa ekor sekitar 7 - 8 cm.

6. Tulang supit burung Cucak jenggot betina lebih renggang dan terasa lunak/lembek jika ditekan dengan jari, terutama jika Cucak jenggot betina tersebut siap pernah bertelur.

7. Suara kicauan Cucak jenggot betina maaster monoton dan lebih crowd mengeluarakan suara tembakan dan besetan dengan ton keras (ngeplong).

8. Jika usianya siap matang (dewasa), Cucak jenggot (CJ) betina menjadi bertelur, terutama jika diberi Extra Fooding (EF) apa berlebih.

Lihat lainnya: Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami Dalam 3 Hari, 13 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Baca juga:

Cara perawat Cucak jenggot agar cepat gacor

Perawatan Cucak jenggot mabung/nyulam bulu

Demikian sedikit informasi sekitar ciri-ciri selisih Cucak jenggot jantan dan betina paling akurat yang dapat kita sampaikan pada jadwal acara kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Cucak jenggot (CJ), dapat berpengalaman pada jadwal acara On Kicau lainnya.