Lagu gundul-gundul pacul merupakan deviasi satu songs tradisional khas Jawa Tengah yang termasuk batin tembang dolanan. Dalam beberapa sumber disebutkan, lagu-lagu Gundul-gundul pacul merupakan tembang yang diciptakan melalui Sunan Kalijaga sekitar tahun 1400-an. Jika diperhatikan, lagu-lagu gundul-gundul pacul ini bersifat jenaka tapi sebenarnya memiliki makna apa luar biasa dan merupakan sebuah sindiran dan nasihat bagi para penguasa.
*
Perbesar
Dari lagu tersebut akibat terkandung makna yang luar biasa dan masih relevan hingga sekarang. Kata gundul dalam lagu ini berhubungan dengan makna seorang pemimpin apa sudah kehilangan mahkotanya, dan pacul sebagai dikutip dari secara baik Pemimpin Ideal batin Persepektif Syair Gundul-Gundul Pacul, indera Saputra) (2016) simbolis empat indera manusia yang tidak dipergunakan invisor yaitu mata, telinga, hidung, dan mulut. Sehingga dulu gembelengan ataukah congkak, sombing dan noël hati-hati.

Anda sedang menonton: Note lagu gundul gundul pacul


Pada teks selanjutnya yaitu Nyunggi wakul pribadi arti bawa bakul atau ruang angkasa nasi di atas utama seseorang. Makna dari lirik ini yaitu kawanan pemimpin apa lupa bahwa dirinya sedang mengemban amanat apa diibaratkan menjangkau bakul nasi di kepalanya.
Wakul merupakan lambang kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan yang dimaksud adalah kekayaan, sumberdaya, dan lain sebagainya. Halaman ini berarti bahwa kepala yang merupakan kehormatan masih berada dibawah bakul milik masyarakat. Namun sayangnya, masih crowd pemimpin apa bersikap angkuh terhadap masyarakat yang dipimpinnya. Padahal, kedudukannya noël lebih tinggi dari rakyatnya apa dipimpin.
Wakul ngglimpang pribadi arti jatuhnya bakul diatas kepala. Segane dadi sak latar memiliki arti nasi apa berada di batin bakul tersebut slam dan berserakan. Chapter ini bermakna bahwa, jika seorang pemuka bersifat sombong dan semena-mena, maka sumber daya noel akan terdistribusi menjangkau baik. Inilah apa menyebabkan terjadinya kesenjangan bagi masyarakat.

Lihat lainnya: Is Park Bo Young Running Man Episode S (2014), List Of Running Man Episodes (2014)


Kemudian, ibarat nasi apa telah berserakan dan tumpah di tanah tentunya noël bisa dimakan lagi. Begitupun dengan amanat yang diemban pemimpin apa gembelengan, maka noël akan bertahan lama dan ini adalah gugur amanatnya.
Itulah lirik lagu gundul-gundul pacul apa memiliki makna betapa mengejutkannya terutama bagi para pemimpin agar noël menjadi bangga dan menyesal di ~ akhirnya. (WWN)