*
Ondel-ondelSumber Foto: Dokumentasi BPNB Jabar

Ondel-ondel adalah bentuk pertunjukan rakyat Betawi apa sering ditampilkan dalam pesta rakyat. Ondel-ondel berbentuk boneka besar terbuat dari anyaman bambu. Bagian wajah berupa topeng atau kedok dihiasi haar yang karena dari ijuk. Ada dua tipe wajah batin ondel-ondel, yaitu laki-laki dan perempuan. Wajah ondel-ondel laki-laki biasanya pernis dengan melukis merah, sedangkan yang perempuan cat putih.

Anda sedang menonton: Motif pada pakaian ondel-ondel perempuan adalah

*
*
(dari kiri) permukaanbutuh ondel-ondel laki-laki dan perempuanSumber Foto: Dokumentasi BPNB Jabar

Sosok ondel-ondel diliputi melalui simbol dan makna. Simbol tidak just berdimensi horizontal di dalam rangka mengantarai hubungan antarindividu di dalam interaksi sosial, tetapi juga berdimensi vertikal concern hal yang transeden. Demikian pula ondel-ondel memiliki makna simbolis yang terkandung di dalamnya, antara go :

Topeng ondel-ondel laki-laki berwarna merah mengandung makna pemberani dan kuat perkasa, artinya seorang laki-laki harus pemberani dan gagah bak jawara.Topeng ondel-ondel wanita berwarna weiss mengandung makna bersih, baik dan suci, artinya seorang perempuan harus mengolah kesuciannya, bersih dari noda.Kembang kelapa yang ada di atas utama ondel-ondel mengandung arti kekuatan. Pohon kelapa dianggap such pohon apa memiliki akar tahan lama dan semua bisa ~ dimanfaatkan, mulai dari daun, batang, lidi, dan akarnya. Lidi buat sapu lidi, daun kelapa muda bisa dibuat janur, batangan kelapa untuk bahan hutan membuat rumah, buah kelapa untuk santan, dan akar pohon kelapa untuk kayu bakar.Sepasang ondel-ondel tambahan memiliki nama belakang yakni untuk laki-laki bernama kobar dan feminin borah. Kobar menyimbolkan seorang manusia apa harus search nafkah atau uang di dunia. Sedangkan borah merupakan simbol akhirat, artinya manusia harus selalu pikiran kepada Tuhannya dan mengangkat baik.Wujud ondel-ondel mendesak menyeramkan such raksasa, berambut gimbal, dan bertaring. Dimaksudkan agar roh-rah jahat tersebut takut dengan permukaanbutuh raksasa yang menyeramkan sehingga tidak mengganggu manusia.Sesajen saat pembuatan ondel-ondel also merupakan simbol buat mendapatkan berani dari tuhan dan leluhur. Dahulu, pembuat ondel-ondel harus berpuasa dan untuk membuat sesaji. Tujuannya adalah agar ondel-ondel apa dibuatnya berfungsi dengan baik, kuat, dan memiliki kekuatan magis untuk mengusir roh-roh jahat. Sesaji terdiri dari dupa kemenyan yang ditujukan roh leluhur, bunga tujuh rupa artinya agar kita berbau harum bak bunga, dan kopi (pahit dan manis) artinya human harus selalu ingat bahwa lives ini kadang manis kadang pahit.Setelah ondel-ondel selesai dibuat, dilanjutkan dengan syukuran dan tahlilan. Perlengkapan syukuran terdiri dari nasi kuning lengkap menjangkau lauk pauk ikan mas yang dimasak menjangkau pucung (kluwak), kentang gembili, koine panjang, dan tauge rebus. Ikan mas batin kelengkapan tahlilan memberi makna bahwa trần kita harus such emas. Koine panjang artinya agar usia kita liong umur. Tauge merupakan simbol kesuburan dalam bentuk rejeki melimpah serta dikaruniai tanah serta pertanian yang subur.Sebelum kekuasaan ondel-ondel terdapat upacara ngukup, yakni upacara yang ditujukan untuk para leluhur agar bisa mengusir roh-roh jahat. Perlengkapan ngukup terdiri atas beras, telur, kembang tujuh rupa, rokok lisong, kopi pahit, kopi manis, wait putih, teh manis, teh tawar, kue-kue tujuh macam, kemenyan, bubur merah, havermut putih, rujak tujuh rupa, dan pedupaan apa sudah disiapkan fullest dengan isinya. Ada makna di dalam perlengkapan tersebut. Beras adalah memberi makan pokok manusia, artinya agar manusia noël kekurangan beras, telur berujud lingkaran artinya tekad atau niat kita harus bulat, waiting putih seperti sumber kehidupan, bunga artinya agar nama belakang leluhur harum, dan kopi pahit manis artinya lives ini ada shang ada duka.

Lihat lainnya: Kode Cara Mendapatkan Kuota Tri Gratis Kartu 3 (Tri) Terbaru 2021

Havermut merah putih merupakan simbol bapak ibu apa artinya human diharapkan ingat tentang asal usulnya dari Tuhan.

Demikianlah makna simbolis yang terkandung dalam kesenian ondel-ondel. Sekarang, pertunjukan ondel-ondel memang noël lagi menggunakan sesajen dan upacara ngukup karena ada anggapan bahwa bentuk dan pelaksanaan ritual seperti tersebut adalah tahayul.