Seringkali kita mendengarkan atau membaca kyung kata menstruasi. Sebenarnya, apakah menstruasi itu? mengapa perempuan mungkin mengalami menstruasi? maafkan saya yang dimaksut mencapai sel telur dan Oogenesis? siap mempelajari materi reproduksi tapi belum paham juga? Nah, terdaftar banget dibaca ringkasan materi ini.

Anda sedang menonton: Materi sistem reproduksi manusia kelas 9


Ringkasan materi chapter 1 asetnya Reproduksi pada Manusia) terdepan yaitu part 1 membahas kyung Pembelahan Sel, asetnya Reproduksi Laki – laki dan Spermatogenesis, sedangkan menyimpulkan materi component 2 ini membahas kyung Sistem Reproduksi Perempuan, Oogenesis dan Menstruasi.

Rangkuman penuh ntuk semua bab IPA kelas 9, silahkan buka halaman Rangkuman IPA kelas 9 K13 Revisi!


Materi IPA Kelas 9 Bab 1 asetnya Reproduksi di atas Manusia

1. Sistem Reproduksi Perempuan

Sistem reproduksi di atas perempuan tersusun overhead : 1). Asetnya reproduksi luar yaitu vulva dan labium 2). Asetnya reproduksi batin yaitu vagina, indung telur (ovarium), kanal telur (tuba fallopi/oviduct), infundibulum, rahim (uterus), endometrium dan leher rahim (serviks).


Berikut ini bagian – bagian organ reproduksi perempuan

*
*
*
*
*
*
*
*
*

Proses haid ada 3 yaitu : phase Menstruasi, Proliferasi dan Sekretori. Pada panggung menstruasi, hormon FSH memicu berkembangnya folikel dalam ovarium. Sehingga, endometrium luruh dan feminin mengalami menstruasi.

Hormon FSH atau follicle stimulating hormone adalah hormon apa dihasilkan melalui kelenjar pituitari atau hipofisis. Kelenjar ini berbohong di otak bagian depan.

Pada phase proliferasi, folikel berkembang apa menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Kemudian hormon estrogen dan progesteron memicu endometrium karena menebal. Endometrium yang menebal ini bertujuan buat mempersiapkan angkasa melekatnya janin apabila terjadi fertilisasi.

Selanjutnya, hormon estrogen memicu kelenjar hipofisis untuk menghasilkan hormon FSH dan LH atau luteinizing hormone. Hormon LH diproduksi terus menerus hingga meningkat. Pembayaran di muka hormon LH ini memicu pelepasan ovum melalui folikel ovarium (ovulasi).


Pada melangkah sekretori ini, folikel yang telah melepaskan ovum berubah were korpus luteum. Then ovum ditangkap melalui fimbriae menuju nanti tuba fallopi. Apabila ovum noël dibuahi melalui sperma, maka korpus luteum noël akan memproduksi estrogen dan progesteron.

Lihat lainnya: Doa Nabi Yunus Untuk Ibu Hamil, Doa Nabi Yunus Agar Mudah Bersalin Normal

Sehingga, estrogen dan progesteron rendah. Rendahnya estrogen dan progesteron endometrium buyar dan pembuluh darahnya pecah, akibatnya terjadilah menstruasi.

Demikian meringkas materi bab sistem Reproduksi pada manusia Part 2 harapan bermanfaat dan bisa ~ menambah otoritas untuk dipecahkan kamu… jangan lupa buat membaca part 1 dan 3 nya juga ya?