Hai sahabat geografi kali ini saya become membagikan rangkuman persebaran flora dan fauna di ~ pelajaran geografis kelas 11 SMA/MA, pada materi ini masuk di atas bab setelah 2 di kelas 11 apa sebelumnya materinya circa Kondisi kanton Indonesia such Poros maritim Dunia.

Anda sedang menonton: Materi persebaran flora dan fauna di indonesia


Tahukah kita mengapa jenis flora dan fauna di setiap menyiksa berbeda-beda? untuk secara umum Indonesia merupakan negara apa memiliki beragam tipe flora dan fauna yang unik dan endemik di setiap daerah.

Untuk lebih lengkapnya untuk menjawab pertanyaan di atas pada halaman ini kita akan mempelajari tentang :

Faktor-faktor persebaran flora dan faunaPersebaran Flora dan Fauna di DuniaPersebaran Flora dan Fauna di IndonesiaKonservasi Flora dan Fauna di Indonesia Dan DuniaPemanfaatan Flora dan Fauna Indonesia seperti Sumber Daya Alam

tapi silam masuk rangkuman Persebaran Flora dan Fauna mari kita berdiskusi, coba utarakan pendapat kalian dengan masalah di bawah ini di kolom komentar.

*
*
*
*
Zona kain lap Flora Fauna Indonesia sumber : Starfish

Kondisi geologis Indonesia menyebabkan terbentuknya tiga doan besar persebaran flora fauna di Indonesia, yaitu Asitik (Barat), Wallacea (tengah), dan Australis (Timur). Garis Wallace adalah garis yang memisahkan wilayah geografi hewan Asia dengan hewan Australia.Garis Weber merupakan baris khayal berdasarkan kedalaman laut sebagai pembagi antara persebaran fauna di Asia dan Australia. GarisLydekker merupakan garis khayal untuk memisahkan antara kanton Wallacea dengan Indonesia bagian timur yang ditinggali malalui flora dan fauna bercorak australis.

Persebaran Flora terbagi were Flora Dataran Sunda (Flora Asiatis), Flora Dataran Peralihan (Daerah Wallacea), dan Flora Dataran Sahul (Flora Australis). Secara garis geram keadaan flora di Indonesia secara lebih terinci terdiri atas empat kawasan flora, yaitu: Flora Sumatra-Kalimantan, Jawa-Bali, pulau Wallacea, dan Papua.

Letak geologis telah berakibat adanya kesamaan fauna di wilayah Indonesia bagian barat dengan kanton Asia, dan fauna Indonesia bagian timur dengan wilayah Australia. Sebagai berikut;

Fauna Asiatis (Barat)meliputi pulau Sumatra, Jawa, Bali dan Kalimantan serta pulau-pulau kecil di sekitarnya.Fauna Peralihan (Asia-Australia)Wilayah Fauna Indonesia tipe peralihan (Asia-Australis) patuh pula disebut utama fauna pulau-pulau Wallacea,Fauna Australis (Timur)Wilayah Fauna Indonesia tipe Australis meliputi pulau Papua, pulau-pulau Aru dan pulau-pulau small di sekitarnya.

Konservasi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia

Kawasan suaka Alam: Kawasan suaka alam adalah sebuah kawasan apa memiliki ciri khas tertentu baik yang ada di daratannya maupun di perairan. Bentuk kawasan pengungsi alam terdiri dari: kagar Alam, suaka Margasatwa, cagar Biosfer

Kawasan Pelestarian alam Kawasan kelestarian alam memiliki fungsi yang hampir sama menjangkau kawasan suaka alam, namun ada cost lebih buat dapat dimanfaatkan such sumber daya alam hayati dan ekosistemnya secara lestari. Kawasan pelestarian alam terdiri dari taman nasional, taman kayu raya, dan taman tempuh alam.

Lihat lainnya: Arti Dan Lirik Lagu The Heart Of Worship, Randy Travis

Lebih Lengkapnya dibaca disini : pelestarian Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia

Pemanfaatan Flora dan Fauna Indonesia kemudian Sumber Daya Alam

Keberadaan flora dan fauna tak dapat dipisahkan dari hayatnya manusia. Terdapat saling ketergantungan antara tumbuhan, hewan dan manusia. Tumbuhan dan hewan mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Secara umum pemanfaatan flora dan fauna di Indonesia sebagai sumber daya alam adalah seperti Sumber Pangan, Peternakan, Perikanan, diperoleh Pendapatan atau Devisa, Hiasan, Tradisi ataukah Budaya, dan sumber Energi.

itulah sedikit Rangkuman Persebaran Flora dan Fauna Materi geographical Kelas 11 semoga bermanfaat !


flora dan fauna geographical maloneyforwv.com keanekaragaman flora dan fauna konservasi flora dan fauna materi geographical kelas 11 persebaran flora dan fauna persebaran flora di dunia persebaran flora di inonesia berkomitmen flora dan fauna