Media tanam atau media tumbuh merupakan komponen kepala ketika become bercocok tanam. Tahukah sobat Tania terdapat mayoritas media tanam apa unik namun ternyata dapat digunakan such alternatif media tanah? Yuk kita simak bersama.
*

Menentukan media tanam yang tepat dan memenuhi standar buat jenis tanaman apa berbeda habitat asalnya merupakan hal apa sulit. Hal ini disebabkan setiap menyiksa memiliki kelembaban dan kecepatan angin apa berbeda. Secara umum, media tanam harus dapat menjaga kelembaban menyiksa sekitar akar, menyediakan cukup udara, dan dapat menahan ketersediaan unsur hara. Penggunaan media tanam pun diatas setiap daerah noël selalu sama.

Anda sedang menonton: Manfaat akar pakis untuk tanaman

Beberapa gawangnya penelitian penggunaan media tanam alternatif batin budidaya botani hortikultura unjuk bahwa media tanam alternatif dapat digunakan dalam budidaya botani pertanian. Berikut adalah media tanam alternatif berdasarkan sasaran penelitian:

Media tanam dari bar Pakis

Salah satu media tanam apa dapat digunakan such media tanam alternatif adalah batangan Pakis. Batangan pakis secara umum terbagi menjadi dua: pakis warna hitam dan pakis coklat. Dari kedua jenis botani tersebut, yang umumnya digunakan karena media tanam adalah pakis hitam. Batang pakis warna hitam sendiri berasal dari botani pakis/paku apa sudah perilaku dan kering. Batang pakis biasanya tersedia di dalam bentuk bagian kecil, cacahan, maupun pipih persegi. Media tanam dari bar pakis sering digunakan sebagai media tanam karena tanaman anggrek. Batang tanaman pakis mudah menyerap air dan mengikatnya sehingga air dapat tersimpan lebih baik. Selain itu, teksturnya apa lunak sehingga akar akar mudah tertancap.

Media Tanam dari akar Pakis

Bagian botani pakis lainnya yang dapat dimanfaatkan adalah akar pakis. Media ini umumnya disebut such moss. Media moss biasanya tangan kedua dalam periode persemaian atau saat bunga dari tanaman become bersemi. Media tana mini memiliki thừa berupa rongga yang cukup geram sehingga memperlancar siklus udara dan akar tanaman dapat ditanam dan berkembang secara leluasa.

Lihat lainnya: Isi Kandungan Surat Al Mu Minun Ayat 12, Isi Kandungan Surat Al Muminun Ayat 12

Namun, rongga apa besar dapat pula disebabkan media ini menjadi rapuh sehingga perlu dikombinasikan dengan media tanam lainnya such gambut ataukah tanah.

Nah, menarik ~ no media tanam alternatif apa dibahas kali ini. Apakah sobat Tania berminat mencobanya?