Nusantara kita pribadi biodiversitas yang amat kaya. Dari dicuri kupu-kupu, Indonesia menempati urutan tertinggi usai dua dari taraf keanekaragaman jenisnya mencapai jumlah 2.500 types kupu-kupu, berada dibawah Brazil yang memiliki 3.000 tipe kupu-kupu. Menariknya, tingkat keunikan ataukah endemisitas kupu-kupu di Indonesia dingin tinggi, yakni 50% dari jenis apa ada.

Anda sedang menonton: Kupu kupu terbesar di indonesia

Dari sekian kawanan jenis kupu-kupu tersebut, otoritas Indonesia telah melindungi 20 jenis kupu-kupu, satu di antaranya adalah types Ornithoptera goliath atau biasa dikenal mencapai Goliath Bordwing. Kupu-kupu jenis ini punya ciri khas yang unik dan luar biasa untuk memiliki ukuran sayap apa besar sehingga sering dijuluki kupu-kupu sublim burung. Lebih unik lagi selagi kupu-kupu types ini sedang beristirahat, bentuk sayapnya menyerupai sayap sebagai burung yang sedang hinggap.

Kupu-kupu Goliath Birdwing disebut-sebut kemudian kupu-kupu terbesar di dunia. Namun, perlu kita tidak ternyata kupu-kupu ini memiliki habitat di Indonesia bagian timur, menajdi di pulau-pulau Seram, Manokwari, dan Papua Nugini.


*


Mengapa ditelepon kupu-kupu terbesar? Kupu-kupu Goliath Birdwing pribadi rentangan sayap 18-23 cm. Dapat dibayangkan, bila disandingkan mencapai kupu-kupu tipe lain, tentu Goliath Birdwing akan tampak sangat besar.

Kupu-kupu tipe ini diketahui dunia pertama kali start pada awal abad ke-18. Dua pelancong kebangsaan Eropa Arnold Pagenstecher dan Staudinger suatu selama berkunjung usai Papua. Kemudian, sewaktu masuk setelah dalam hutan lebat disana mereka lanskapnya kupu-kupu ini dan diatas awalnya mereka keraguan kupu-kupu menyertainya adalah burung apa tengah terbang melintasi hutan karena ukurannya yang besar, bentuk sudut sayap dan cara terbangnya. Temuan keduanya ini baru ditulis pada tahun 1893 malalui Staudinger.


*


Salah satu types kupu-kupu sublim burung ini, yakni Kupu-kupu sublim burung surga dapat tersadar di habitatnya di kagar Alam Pegunungan Arfak, Manokwari, Papua Barat. Cagar alamini dikenal sebagia habitat bagi beragam spesies kupu-kupu yang sering menjadi incaran para kolektor kupu-kupu di seluruh dunia.


Meski terus menjadi perburuan para kolektor, namun menurut lembaga konservasi makhluk internasional IUCN, status kupu-kupu ini belum mengkhawatirkan. Meski demikian, para penyelidik dan social setempat telah mengantisipasi lewat upaya penangkaran kupu-kupu sublim burung surga di pemfitnahan tempat, salah satunya di Kampung Iray di sekitar Danau Anggi, Provinsi Papua Barat.

Lihat lainnya: Kode Cara Mendapatkan Kuota Tri Gratis Kartu 3 (Tri) Terbaru 2021

Sumber : uniklopediarepublikaSumber lukisan : alampedia.blogspot.com


*

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, mencapai mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini full menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.