Kolam Tribuana Dive facility di kawasan tentara Kopassus, Cijantung, champa Timur. (maloneyforwv.com/Jongki Handianto)
*

*

*

*

*

Jakarta, maloneyforwv.com– Kata “refresh” bagi seorang diver atau penyelam merupakan hal yang noël asing lagi. Sebuah kegiatan untuk mengingat kembali teori maupun praktek batin menyelam, konvensional dilakukan di baskom renang ataukah kolam spesialisasi dengan minimal titik terdalam 3 meter.

Anda sedang menonton: Kolam renang terdalam di jakarta

Kali ini, maloneyforwv.com mendapat kesempatan karena merasakan menyelam di baskom khusus dengan period terdalam 16 meter, pada sabtu (10/04). Baskom khusus terdalam Asia Tenggara menyertainya adalah Tribuana Dive facility (TDC), dan lokasinya berada di kawasan tentara Kopassus, Cijantung, sampanye Timur.

*
Penyelam bergerak setelah permukaan ke melakukan​​​​​​prosedur ​safetystop.(maloneyforwv.com/Jongki Handianto)

Saat ini, Blue Abyss dinobatkan seperti kolam mengkhususkan terdalam di dunia apa letaknya berada di bangsa Ratu Elizabeth, Inggris. Sedangkan buat rekor terdalam kawasan Asia held K-26 dari negara asal K-POP, Korea Selatan.

Kolam TDC yang berdiri dari 2019, mempunyai ukuran 16 meter x 24 meter, menjangkau ada pemfitnahan variasi teras kedalaman yaitu, 1,2 meter, 5 meter, 10 meter, dan 16 meter.

Berikut beberapa baskom khusus di berbagai negara berdasarkan ketentuan terdalamnya:

1. Blue Abyss: 50 meter (Inggris)

2. Deepspot: 45 meter (Polandia)

3. Nemo 33: 45 meter (Belgia)

4. Y-40 Deep Joy: 42 meter (Italia)

5. K-26: 26 meter (Korea Selatan)

6. Divecube Hotel : 21 meter (Taiwan)

7. Abyssea Diving pool : 20 meter (Perancis)

8. Fosse Aqua 92: 20 meter (Perancis)

9. Tribuana Dive Center: 16meter (Indonesia)

10. NASA's Neutral Buoyancy laboratory (NBL): 12 meter (Amerika Serikat)

Karena ini adalah kolam khusus, pengelola TDC menerapkan beberapa politik teknis penyelaman juga. “Ini kan baskom dalam, setiap pengunjung harus mempunyai sertifikat, udah license .... Minimal open water. Begitu tambahan yang freediving. Dan di sini tidak boleh menyelam sendirian, harus ada buddy (rekan selam), kami juga menyediakan bila pas mendatangi sendirian”, kata Antonius Maris, Penanggung Jawab baskom TDC.

Open water merupakan lisensi tahap mulai bagi penyelam scuba diving usai lulus menjalani mendidik selam, sedangkan untuk lisensi start freediving adalah simple freediving.

Saat dilihat dari atas permukaan saja sudah cukup making takjub, apalagi bagian periode terdalamnya tampak lebih biru gelap. Para diver down ke kolam di teras mulai dengan kedalaman 1,2 meter, sambil memakai peralatan dan tetua peralatan atau gear dahulu melanjukan penyelaman.

*
Memakai dan percobaan peralatan sebelum menyelam.(maloneyforwv.com/Jongki Handianto)

Setelah berjalan nanti ujung teras pertama, dan kaki tidak berpijak lagi pada lantai, para diver mengapung berbekal udara yang ada di buoyancy compensation device (BCD), kemudian deflate karena membuang udara dari BCD, dan dimulailah petualangan di cekungan terdalam di Asia Tenggara.

Pemandangan apa menajubkan, begitu luas, besar, dalam, dan seperti ndak di di dalam kolam. Beragam cat, dll kartun menghiasi di ~ sekeliling dinding kolam, suasananya menjadi lebih hidup. Di ~ teras 5 meter, tampak aktivitasnya pendidikan menyelam di mana instruktur sedang memberi materi sebagai sinyal tangan, clearing mask, dan lain-lain kepada siswa batin posisi tumpuan lutut. Menengok setelah arah bagian dalam, tampak penyelam freediving sedang down menyelam keuntungan tali yang diikatkan dari pelampung atas setelah sebuah kait di dasar kolam.

*
Pengarahan saat menyelam.(maloneyforwv.com/Jongki Handianto)

Di teras 10 meter, tampak kerumunan setiap orang sedang asyik berfoto ria tidak punya menjaga jarak kemudian protokol diberkatilah anda pencegahan Covid-19 .... Oh iya, mereka siap lengkap dengan masker selamnya dan menggendong udara masing-masing.

Mereka para anggota komunitas selam JakDiver dari sekolah selam Flying Fish Jakarta yang sedang update bersama nanti setahun lebih tidak ada kegiatan karena pandemi. “Refresh dan such ajang silaturahmi, tapi tetap pakai protokol kesehatan Covid-19. Kalian ada kegiatan such Bersih Laut, tanam mangrove, hingga menganggap karang, dan ini penyimpangan satunya. Dan di sini tempatnya strategis, baskom khusus diving yang bervariatif, memungkinkan karena semua jenjang selam”, kata Hinantoro dari sekolah menyelam Flying Fish Jakarta.

Ketika berada di period terdalam, 16 meter, dan melihat nanti atas, terasa sebuah pemandangan mengasyikkan, sinar masuk dan lalu lalang para penyelam melayang pada kita, dulu sensasi tersendiri, sekian lagi, benar-benar seperti tidak berada di dalam sebuah kolam. Saat di teras 10 meter, penyelam pun bisa melintas under teras apa 5 meter, dan rasanya seolah kemudian melintasi selasar beratap tinggi atau juga mungkin lebih mirip di bawah sebuah dermaga.

*
Freediver sedang berlatih.(maloneyforwv.com/Jongki Handianto)

Harus militer diingat, setiap penyelam wajib tetua jumlah oksigen, terkadang terlupakan cek acibe terlalu asyik. Kelewat diver delegasi safety prevent atau berhenti di kedalaman 5 meter selama 3 menit saat ascend atau naik setelah permukaan, untuk menghindari penyakit dekompresi. Dan baru di baskom inilah prosedural safety avoid dilakukan. “Karena kolam khusus 16 meter, kita lakukan briefing dahulu penyelaman, pokoknya prosedur kemudian kita di laut aja,” penjelasan Toro.

Selain peraturan nonteknis penyelaman, TDC also menerapkan policy khusus bagi pengunjung. “Orang luar negeri, warga negara asing noel boleh, untuk ini area militer. Jumlah pengunjung juga dibatasi maksimal 25 orang”, ujar Maris.

Lihat lainnya: Lagu Johny Johny Yes Papa

Pengunjung delegasi mengisi membentuk registrasi, dan melengkapi persyaratan-persyaratan, KTP harus ditukar dengan kartu khusus untuk akses masuk-keluar, dan tentunya protokol kesehatan Covid-19. Waktu operasional dari hari Selasa sampai Jumat dibuka dari kota 10.00 hingga 18.00, mengkhususkan Sabtu-Minggu dari kota 09.00 hingga 18.00. Sebelum pandemi, TDC buka hingga pukul 21.00, terutama spesialisasi bagi apa ingin night dive.

*
Penyelam keuntungan senter bawah air.(maloneyforwv.com/Jongki Handianto)

Penasaran mencapai keseruannya? Silahkan cobalah tetapi jangan dilupakan tetap menggunakan protokol pencegahan Covid-19, ikuti policy TDC, dan aturan penyelaman. Utamakan keselamatan, safe dive dan salam selam!