maloneyforwv.com, Jakarta ke menunaikan ibadah puasa ramadan selama sebulan penuh, masih ada satu amalan yang also wajib dilaksanakan di bulan Ramadan. Amalan ini tepatnya dilaksanakan silam sholat Idul Fitri. Ya, amalan apa wajib dilaksanakan ini adalah dibayar zakat fitrah.

Anda sedang menonton: Khutbah jumat singkat tentang zakat fitrah


Zakat fitrah harus ditunaikan bagi orang yang memiliki kemampuan buat menunaikannya. Selain itu, merupakan zakat apa wajib dikeluarkan sekian setahun yaitu saat bulan Ramadan menjelang Idul Fitri. Intinya, zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri.


2 dari 4 halaman

Mengenal kyung Zakat Fitrah


*

Perbesar
Keutamaan Zakat Fitrah / Sumber: iStockphoto
Zakat fitrah merupakan zakat apa diwajibkan kepada setiap Muslim sebagai santunan kepada orang-orang miskin, tanda tangan berakhirnya bulan Ramadan sebagai pembersih dari hal-hal yang mengotori puasa.

Kewajiban dibayar zakat fitrah dirantai dengan disyariatkan puasa Ramadan, yaitu pada lima kedua Hijriah. Kewajiban membayar zakat fitrah diklaim kepada setiap muslim dan muslimah, baligh atau belum, kerajaan atau tidak, mencapai ketentuan bahwa dirinya masih hidup pada malam hari raya dan memiliki thừa dari kebutuhan pokoknya untuk sehari.

Zakat fitrah ini dibayarkan maksimal sebelum shalat Idul Fitri. Ketentuan zakat fitrah tersebut didasarkan di atas hadist Rasulullah witnessed :

فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعاً مِنْ تَمَرٍ، أوْصَاعاً مِنْ شَعِيْرٍ، عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى، وَالصَّغِيْرِ وَالْكَبِيْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَأمَرَ بِهَا أنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوْجِ الناَّسِ إلى الصَّلَاةِ‎

Artinya: “Rasulullah observed telah tugas zakat Fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas oaring muslim baik budak dan people biasa, laki-laki dan wamita, anak-anak dan orang dewasa, beliau memberitahukan dibayar zakat Fitrah sebelum berangkat (ke masjid) ‘Idul Fitri” (HR Bukhari dan Muslim).


*

Merangkum dari kanal NU Online, berikut ini terdapat ketentuan yang perlu kamu ketahui dahulu menunaikan zakat fitrah:

1. Besarnya zakat Fitrah adalah 1 sha’ yaitu 2176 gram atau 2,2 Kg beras atau makanan pokok. Dalam prakteknya jumlah ini digenapkan menjadi 2,5 Kg, untuk untuk kehati-hatian. Bab ini dianggap baik melalui para ulama.

2. Menurut madzhab hanafi, diperbolehkan mengeluarkan zakat Fitrah dengan mata uang seharga mass itu, jika dianggap lebih bermanfaat bagi mustahik.

3. Waktu mengeluarkan zakat Fitrah adalah since awal moon puasa Ramadhan hingga dahulu shalat ‘Idul Fitri maka dianggap sedekah sunah. Sebagaimana sabda Rasulullah witnessed :

فَمَنْ أدَّاهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُوْلَةٌ وَمَنْ أدَّاهَا بَعْدَ الصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ‎

Artinya: “Barang siapa mengeluarkan (zakat Fitrah) silam shalat (‘Idul Fitri), maka zakatnya sah. Barang siapa mengeluarkannya ke shalat maka dianggap sedekah sunah.” (HR. Ibnu Majah).

4. Zakat Fitrah boleh hasil langsung kepada mustahik ataukah dibayarkan oleh amil zakat.

5. Amil ataukah panitia zakat Fitrah boleh membagikan zakat kepada mustahik setelah shalat Idul Fitri karena uzur syar"i.

6. Jika terjadi perbedaan aku Raya, maka panitia zakat Fitrah apa berhari raya terlebih dahulu tidak boleh menerima zakat Fitrah setelah mereka mengerjakan shalat Idul Fitri.

7. Panitia Zakat Fitrah hendaknya mendoakan kepada orang apa membayar zakat, agar ibadahnya selama ramadan diterima dan mendapat pahala. Doa apa sering baca oleh apa menerima zakat, diantaranya:

آجَرَكَ اللهُ فِيْمَا أعْطَيْتَ وَبَارَكَ فِيْمَا أَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا‎

Artinya: “Semoga Allah SWT memberikan pahala kepadamu atas maafkan saya saja yang telah Allah memberi berkah kepadamu overhead semua apa masih ada padamu dan mudah-mudahan Allah menjadikan kesucian bagimu.”


*

Terdapat keutamaan dan faedah dari zakat fitrah apa dapat kamu using pada hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Ibnu abbas Radhiyallahu ‘Anhuma yang berbunyi:

“Bahwa Rasulullah observed telah mewajibkan zakat fitrah yaitu such pembersih bagi orang apa berpuasa dari perkataan dan perbuatan keji, dan such bekal makan bagi setiap orang miskin.” (HR Abu Daud dan Ibnu Majah).

Berdasarkan hadis tersebut, maka keutamaan zakat fitrah dan faedah di antaranya such berikut:

Membersihkan diri dari dosa, perbuatan keji, dan penyempurna puasa

Keutamaan zakat fitrah yang pertama adalah dilihat dari kemanfaatan bagi apa berpuasa, bahwa dengan does zakat fitrah ini akan ringkas dirinya dari dosa dan perbuatan keji serta such penyempurna dari puasa yang sudah dilakukannya selama satu bulan penuh.

Karena batin tabi’atnya, manusia sekalipun di dalam keadaan berpuasa kadang kala masih berbuat hal-hal yang noël dibenarkan oleh syara’ kemudian berkata kotor, berdusta, hasut, dan dengki antar sesama dan sebagainya.

Oleh buat itu, zakat fitrah ini hadir such pengganti dan penyempurna terhadap hal-hal apa masih kurang.

Bukti peduli terhadap sesama umat Muslim

Keutamaan zakat fitrah apa kedua adalah dilihat dari kemaslahatan umat. Bahwa dengan mengeluarkan zakat fitrah, menjadi bukti kepedulian antar sesama muslim, terlebih terhadap faqir miskin yang sangat membutuhkan uluran memanggang saudara Muslim apa lain.

Dari sini diketahui bahwa seseorang apa enggan buat mengeluarkan zakat, sungguh sifat kasih sayang dan perhatiannya terutang kurang terhadap saudara Muslim apa lainnya.

Mewujudkan kebahagiaan apa merata kepada kaum pulih secara menyeluruh

Keutamaan zakat fitrah apa ketiga adalah diketahui bahwa days raya idul fitri merupakan hari kemenangan dan hari kebahagian buat kaum muslimin nanti berhasil selama sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Namun kebahagiaan ini kemungkinan besar noel didapatkan oleh orang faqir dan miskin, melihat kekurangan yang ada di ourselves mereka. Variasi halnya mencapai kebahagiaan yang didapatkan melalui orang yang memiliki kebutuhan harta yang cukup atau rakyat mampu lainnya.

Lihat lainnya: Cara Menggunakan Speaker Bluetooth Jbl Charge 2, Cara Menggunakan Speaker Bluetooth Untuk Hp

Oleh buat itu, tanggung jawab hukum zakat fitrah ini merupakan solusi syari’at untuk mewujudkan kebahagiaan apa merata kepada umat Muslim secara menyeluruh. Chapter ini pantas dengan sabda Rasulullah SAW:

“Cukupilah kebutuhan (fakir miskin), agar mereka noël meminta-minta pada hari seperti ini.” (Sunan Daruqutni: 67).