10 pulau Terbesar di Indonesia Beserta diskursif dan Letaknya – Indonesia merupakan bangsa kepulauan terbesar di dunia. Jumlah pulau di Indonesia diperkirakan menjangkau 17.504 pulau dan tentu noël semua pulaunya berpenghuni. Kemudian negara kepulauan terbesar, pulau-pulau di Indonesia dilewati malalui garis khatulistiwa dan jaraknya menjangkau seperdelapan sekitar bumi!






Dari ribuan pulau tersebut, pulau di Indonesia kemudian dikelompokan dulu delapan yaitu pulau Sunda terlalu tinggi of Sumatra ataukah Sumatera, Jawa, Sejauh Selatan kalimantan atau Kalimantan, Celebes atau Sulawesi, pulau-pulau Sunda small atau Nusa Tenggara, Bali, Maluku dan Papua.

Anda sedang menonton: Kepulauan yang ada di indonesia

Selain kelompok pulau, Indonesia tambahan memiliki 10 terbesar yang kelima pulaunya masuk such pulau terbesar di Indonesia. Berikut penjelasannya.

10 pulau Terbesar di Indonesia

Dari 17.504 pulau apa tersebar di Indonesia, ada sepuluh pulau terbesar di Indonesia. Lima diantaranya termasuk di dalam gugusan pulau terbesar di Indonesia, berikut penjelasan lebih lanjutnya.

1. Papua

Pulau terbesar di Indonesia adalah Papua atau biasa panggilan pula kemudian New Guinea atau Nugini dengan luas kanton 785.753 kilometres persegi. Selain such pulau terbesar di Indonesia, Papua merupakan pulau terbesar detik di dunia nanti Greenland. Papua berada di 5°20?S 141°36?E atau berada di sebelah utara Australia. Papua berbatasan menjangkau Samudra samudera pasifik di potongan utara, kepulauan Maluku dan laut Banda di sebelah barat, serta sebelah timur dengan laut Solomon dan Samudra hindia serta laut Arafuru di sebelah selatan.

Papua, terbagi dulu dua wilayah yaitu bagian baratnya adalah kanton Indonesia. Sedangkan bagian timur Papua merupakan wilayah negara Papua Nugini. Apabila dilihat melalui peta, pulau Papua luaran bentuk menyerupai burung cendrawasih. Di Papua pula, tersoroh gunung bisa digoreng di Indonesia yaitu puncak Jaya wijaya dengan ketinggian 4.884 m.

Total penduduk apa berada di Papua diperkirakan mencapai 3,6 million jiwa warga dan memiliki beberapa kesukuan di dalamnya yaitu suku Arfak, kesukuan Dani, kesukuan Asmat serta suku nguyên Papua lainnya. Papua memiliki dua provinsi yaitu, Papua serta Papua Barat.

Papua memiliki tujuh pariwisata populer yang menyuguhkan kecantikan alamnya, ketujuh perjalanan tersebut adalah Kepulauan king Ampat, Lembah Baliem, Taman Nasional Lorentz, Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Taman Nasional Wasur, Danau Sentani dan Danau Paniai.

Papua juga memiliki pakan khas yang dulu daya menyeret para wisatawan buat berani mencoba, yaitu cacing laut, papeda hingga ulat sagu.

2. Kalimantan 

Kalimantan atau borneo merupakan pulau terbesar ketiga di dunia dan pulau terbesar kedua di Indonesia. Letaknya berada di 1°00?N 114°00?E atau sebelah north Pulau Jawa dan sebelah barat Pulau Sulawesi. Total luas wilayah pulau Kalimantan sendiri adalah 743.330 kilometres persegi.

*

Pulau Kalimantan pribadi julukan yaitu pulau Seribu Sungai, buat memiliki banyak sungai apa mengalir di pulau ini. Pulau ini dikelilingi oleh Laut sinana Timur di bagian barat dan utara-barat, laut Sulu di bagian utara-timur, Selat Makasar dan lautnya Sulawesi di timur dan Selat serta pulau Jawa.

Sebagai pulau apa memiliki julukan ribu sungai, Kalimantan memiliki sungai-sungai panjang yaitu Sungai capuas dengan singa 1143 km, Sungai barito dengan berbohong 880 km, Sungai Mahakam dengan panjang 980 km. Haruss diketahui, bahwa wilayah pulau Kalimantan terbagi dari Malaysia serta Brunei Darussalam.

Populasi penduduk pulau Kalimantan sendiri diperkirakan mencapai 22 juta jiwa, termasuk dengan penduduk yang berasal dari Malaysia serta Brunei. Kesukuan Dayak, Banjar, malayischen dan Kadazan merupakan suku-suku yang menempati wilayah pulau Kalimantan.

Pulau Kalimantan luaran puncak tertinggi yang berada di Gunung Kinabalu dengan ketinggian dengan 4.095 m di ~ permukaan laut. Pulau ini juga memiliki tahun provinsi yaitu Kalimantan, Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan barat serta Kalimantan Tengah.

3. Sumatera

Sumatera atau andalas memiliki bruto luas wilayah 473.481 km persegi dengan kasar penduduk mencapai sekitar 57.940.351 juta jiwa pada lima 2018. Sumatra berada di 0°00?N 102°00?E ataukah terletak di bagian barat gugusan pulau-pulau nusantara. Tepatnya di sebelah utara Teluk Benggala, timur Selat Malaka, selatan Selat Sunda, dan barat Samudra Hindia.

Kota-kota yang ada di pulau Sumatera dihubungkan melalui empat ruas cara lintas, yaitu lintas tengah, penyeberangan barat, penyeberangan timur serta lintas pantai timur yang daerahnya melintang dari west laut hingga tenggara Sumatera.

Sebagai pulau terbesar ketiga, sumatra merupakan pulau apa kaya menjadi hasil buminya. Sasaran bumi utama pulau sumatra adalah tembakau, minyak bumi, sawit, bauksit, timah. Batu bara sert gas alam.

Jumlah penduduk apa mendiami pulau Sumatera diperkirakan mencapai 58 juta jiwa penduduk. Mayoritas penduduk pulau Sumatera personally berasal dari kesukuan Minangkabau, Batak, Melayu, Aceh, Rejang, Lampung serta Gayo.

Pulau sumatera merupakan pulau di Indonesia apa memiliki jumlah provinsi terbanyak, yaitu sebanyak 10 provinsi. Kesepuluh provinsi tersebut adalah Aceh, Riau, sumatra Utara, sumatera Barat, Jambi, kepulauan Bangka Belitung, kepulauan Riau, sumatera Selatan, Bengkulu serta Lampung.

4. Sulawesi 

Pulau Sulawesi ataukah disebut pula seperti pulau Celebes adalah pulau terbesar 14 di Indonesia. Berbisa luas wilayah pulau Sulawesi diperkirakan mencapai kyung 174.600 kilometres persegi dengan kasar jumlah inhabitants kira-kira mencapai 20 million jiwa.

Pulau Sulawesi terletak di 02°S 121°E, ataukah tepatnya di timur Kalimantan, west Kepulauan Maluku, selatan Mindanao dan kepulauan Sulu serta Filipina. Sulawesi tambahan merupakan pulau terbesar kesebelas di dunia. Pulau Sulawesi luaran puncak supreme yaitu di atas gunung Rantemario mencapai ketinggian mencapai 3.478 meter di atas permukaan laut.

Bagian tengah pulau Sulawesi ini bergunung-gunung mencapai permukaan daratan yang kasar. Sehingga setiap menyiksa di Sulawesi diatas dasarnya berjauhan dari bolak-balik dan lebih mudah dijangkau melalui laut dibandingkan melalui jalan darat.

Apabila dilihat melalui peta, pulau Sulawesi memiliki bentuk pulau yang menyerupai huruf ‘K’. Penduduk dari pulau Sulawesi sendiri berasal dari berbagai suku, yaitu kesukuan Toraja, Minahasa, Bugis, Buton, Mandar serta Bajau.

Ada enam provinsi apa berada di pulau Sulawesi, yaitu provinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara serta Gorontalo.

5. Jawa

Pulau Jawa memiliki jumlah bruto wilayah 126.700 kilometres persegi dan menjadi pusat industry serta perekonomian di Indonesia. Pulau Jawa also merupakan pulau terpadat di Indonesia kelewat di dunia.

Menempati untuk nama kelima seperti pulau terbesar di Indonesia, Jawa luaran jumlah penduduk mencapai sekitar 160 juta jiwa dan lebih dari setengah populasi di Indonesia berada di pulau Jawa. Berdensitas penduduk di Jawa juga mencapai 1317 jiwa per kilometernya. Penduduk di pulau Jawa merupakan orang apa berasal dari suku Jawa, Betawi, Sunda, Baduy, Madura, Tengger serta suku-suku lainnya.

Pulau Jawa berbohong di 7°29?30?S 110°00?16?E, tepatnya perbatasannya dengan laut Jawa di Utara, Selat Sunda di barat, Selat Bali di timur serta Samudera hindia di selatan. Pulau Jawa luaran puncak tertinggi yang berada di Gunung Semeru menjangkau ketinggian mencapai tentang 3.676 m di atas permukaan laut.

Lihat lainnya: Siswa, Begini 8 Cara Memakai Masker Yang Benar Untuk Mencegah Penyakit

Pulau Jawa memiliki enam provinsi apa secara resmi tercantum secara administratif, keenam provinsi tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, quenn Istimewa Yogyakarta, quenn Khusus Ibukota Jakarta.