Setelah lulusan SMK mau lanjut kuliah tapi bingung masuk jurusan apa? Nggak haruss khawatir, berikut ada 10 jurusan kuliah yang bisa kamu pilih benar dengan program keahlianmu di SMK.

Anda sedang menonton: Jurusan kuliah untuk lulusan smk tata busana

--

Meskipun pelatihan SMK akibat dipersiapkan karena langsung terjun setelah dunia kerja nanti lulus, ternyata nggak sedikit lulus SMK apa ingin keuangan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, kegalauan di dalam memilih jurusan menjadi salah satu persoalan apa seringkali mereka hadapi. Nah, berikut ada 10 jurusan apa bisa kamu jadikan referensi saat bingung tekad jurusan mana apa harus dipilih. Kalau bisa, pilihlah jurusan yang linier dengan teknologi kamu sebelumnya ya.

1. Jurusan Arsitektur

Salah satu jurusan kuliah apa cocok bagi kamu lulusan SMK Program tehnik Teknik Bangunan adalah Jurusan Arsitektur. Buat apa apa kamu pelajari dibangku SMK kemudian teknik-teknik menggambar proyeksi secara menginstruksikan dan digital dengan Autocad, bisa dulu landasan saat kamu ingin keuangan kuliah di jurusan ini.

*

Mahasiswa Jurusan Arsitektur (Sumber: dezeen.com)

Di Jurusan Arsitektur kamu ini adalah mempelajari mengenai desain dan rancangan konstruksi bangunan yang meliputi kekuatan bangunan (firmitas), estetika bangunan (venustas), dan fungsional bangunan (utilitas). Nah, karena masuk di jurusan ini paling tidak kamu harus luaran ketertarikan di atas matematika, menggambar, seni, dan teknologi.

Saat kuliah di Jurusan Arsitektur, kamu akan sering berhubungan mencapai pengukuran bangunan, rancangan anggaran pengeluaran dan bahan, pengenalan detail dari potongan bangunan, hingga pembuatan desain. Maka dari itu, dibutuhkan skill dan kreativitas apa tinggi agar nanti kamu sanggup merancang setiap bangunan intevensi dan benar permintaan klien.

Baca juga: Arsitektur: Jurusan Nicholas Saputra untuk Kamu apa Suka Rancang Bangunan

Gimana tertarik rejang kuliah di jurusan ini? Nggak harus khawatir, di Indonesia ada mayoritas kampus apa bisa kamu pilih sebagai Institut Teknologi Bandung (ITB), hochschule Indonesia (UI), universitas Brawijaya (UB), dan hochschule Diponegoro (UNDIP). Nah, setelah lulus dari jurusan ini, selain were seorang Arsitektur, kamu tambahan bisa bekerja sebagai Konsultan Arsitektur, peneliti di daerah Urban Development, Kontraktor, bahkan Quantity Surveyor.

2. Jurusan Teknik Mesin

Bagi kamu siswa SMK Program keahlian Teknik machin yang ke lulus ingin rejang kuliah, kamu bisa menjadikan Jurusan Teknik Mesin such jurusan pilihanmu, lho. Kamu yang sudah nggak asing lagi dengan bidang permesinan, pastinya menjadi lebih mudah mempelajari setiap mata kuliah di jurusan ini. Selain belajar mengenai cara pembayaran mesin, perancangan mesin, dan teknik making mesin, kamu juga dapat memperdalam beberapa afiliat ilmu dari teknik mesin kemudian mekanika, kinematika, dan termodinamika.

*

Mechanical design (Sumber: bestcolleges.com)

Karena hampir semua bab saat ini isu mesin, such lulusan jurusan ini, kamu mungkin bekerja such Mechanical Engineer, Designer, Teknisi, maupun operator di kerumunan perusahaan seperti di industri otomotif, industri dirgantara, industri manufaktur, juga industri minyak dan gas.

3. Jurusan Teknik Informatika

Bidang Teknologi dan Informatika selalu were salah satu bidang favorit di kalangan siswa SMK. Bidang ini memiliki beberapa program keahlian, sebagai Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Teknik Telekomunikasi. Nah, karena kamu apa ingin memperdalam bidang ini di dunia perkuliahan, kamu dapat memilih Jurusan Teknik Informatika, lho.

Baca juga: Bedah Jurusan Komputer: Bedanya Jurusan Sistem informasi dan Teknik Informatika

Beberapa ilmu mengenai software dan computer science yang sebelumnya kamu dapat di SMK, mungkin kamu kembangkan another lebih batin di jurusan ini. Buat selama kuliah di Jurusan Teknik Informatika kamu become belajar secara rinci mengenai tangani itu pembuatan software, cara pergerakan software, hingga pengembangan software tersebut. Di Indonesia sendiri, kamu bisa menemui jurusan ini di beberapa hochschule negeri kemudian Institut Teknologi Bandung (ITB), chip hotch Gadjah Mada (UGM), chip hotch Brawijaya (UB), Institut Sepuluh Nopember (ITS), dan hochschule Padjadjaran (UNPAD).

*

Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (Sumber: paretouniversity.com)

Dilansir dari Tirto, selama masa pandemik Covid-19, jumlah pelanggan e-commerce mengalami muka hingga 38,3 persen dibandingkan lima lalu. Hal tersebut berarti bahwa ini adalah ada crowd e-commerce yang berpotensi menyerap tenaga pergerakan berlatar belakang training dari Jurusan Teknik Informatika. Tak hanya prospek kerja apa menjanjikan di kalangan e-commerce, ternyata lulus jurusan ini juga bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di lapangan telekomunikasi dan perbankan.

4. Jurusan Farmasi

Sebagai lulusan SMK menjangkau Program keahlian Farmasi, jika ingin melanjutkan kuliah kamu mungkin memilih Jurusan Farmasi karena lebih memperdalam daerah tersebut. Di jurusan ini, selain kamu akan belajar mencampur, meracik, dan untuk membuat obat, kamu juga akan dibekali circa cara memanajemen dan memasarkan obat, lho. Nah, saat kuliah di Jurusan farmasi kamu tidak just dihadapkan melalui teori di kelas saja, tetapi kamu also akan terlibat dalam berbagai praktikum.

*

Praktikum mahasiswa Jurusan pharmaceutical (Sumber: uph.edu)

Nggak melulu bekerja di apotek, such lulusan dari jurusan ini, kamu tambahan bisa bekerja di bidang Farmasi lainnya kemudian di Badan bagus sekali Obat dan makanan (BPOM), rumah sakit, industri obat-obatan, industri kosmetik, dan Instansi Kesehatan. Gimana banyak banget ‘kan opsi kerja dari jurusan ini?

5. Jurusan Akuntansi

Salah satu jurusan apa ramai peminat dan bisa ~ kamu pilih sebagai lulusan SMK Program teknologi Akuntansi adalah Jurusan Akuntansi. Secara umum, di jurusan ini kamu menjadi belajar mengenai debit-kredit, pembukuan, hingga pasar modal dan efeknya. Jadi, basic ilmu akuntansi yang kamu pelajari di SMK bisa ~ kamu perdalam another di jurusan ini.

Baca juga: Kupas Jurusan Akuntansi: Cuma Bisa enim Teller Bank?

Setelah lulusan dari Jurusan Akuntansi kamu bakalan mendapat gelar sarjana Ekonomi (S. E). Mencapai gelar tersebut, kamu sanggup memulai karir seperti seorang penasihat Pajak, lancar Keuangan, Akuntan, maupun Banker. Kalau kamu berminat kuliah di jurusan ini, ada beberapa kampus apa punya Jurusan Akuntansi sebagai Universitas Indonesia, hochschule Gadjah Mada, hochschule Diponegoro, chip hotch Airlangga, dan hochschule Padjadjaran.

6. Jurusan berpemerintahan Perkantoran

Sebagai lulusan SMK Program keahlian Administrasi kantor (Sekretaris), kamu bisa melanjutkan kuliah S1 di atas bidang yang sama yaitu di Jurusan aturan Perkantoran. Pada jurusan ini kamu akan belajar tentang pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan perencanaan, korespondensi, pengarsipan, pendataan, hingga penyediaan segala memandu perkantoran. Nanti lulus kamu bisa were seorang Sekretaris, personil Administrasi, General Affairs, maupun staf Legal di suatu perusahaan such manufaktur, IT, dan perbankan. Menarik ‘kan?

7. Jurusan Pariwisata

Ingin rejang kuliah di Jurusan Pariwisata buat kamu lulusan SMK dengan bidang keahlian yang sama? bisa banget kok. Kamu mungkin memperdalam ilmu tersebut dan menggapai impian karirmu di jurusan ini, lho. Nantinya, kamu akan mempelajari lebih next mengenai bidang pariwisata apa meliputi manajemen destinasi wisata, manajemen tour dan travel, hingga perhotelan. Penyimpangan satu keterampilan yang harus kamu punya saat kuliah di jurusan ini adalah komunikasi yang baik. Keterampilan ini penting untuk nantinya kamu akan temu dengan crowd wisatawan dari berbagai negara.

*

Kegiatan mahasiswanya Jurusan Pariwisata (Sumber: khazar.org)

Lalu setelah lulus dari jurusan ini, gimana sih prospek kerjanya? pasangan aja. Prospek action lulusan Pariwisata sangatlah luas. Kamu bisa dulu seorang pemandu Wisata, Pengusaha perjalanan Wisata, Manajer secara spasial Wisata, dan Concierge Hotel.

8. Jurusan Tata Busana

Selain keterampilan menjahit, kemudian lulusan SMK Program keahlian Tata Busana, kamu juga akan dibekali dengan keterampilan lain sebagai mendesain baju, untuk membuat pola, mengenal tipe bahan, hingga produksi project tentang fashion. Berbagai keterampilan tersebut bisa were dasar kamu untuk melanjutkan kuliah di jurusan terkait, misalnya Jurusan Tata Busana atau Fashion Design.

*

Fashion Designer (Sumber: decadirect.org)

Menariknya, di jurusan ini kamu also akan diajari mengenai cara marketing dan manajemen bisnis fashion yang baik, fotografi buat fashion, hingga menggambar model. Such mahasiswa Jurusan Pariwisata, konvensional di di atas semester perkuliahan, kamu become diberikan tugas untuk mengadakan suatu event fashion show dengan pameran baju rancanganmu sendiri.

Lulusan jurusan ini bisa ~ berkarier di dunia fashion sebagai Fashion Designer, Fashion Photographer, Fashion Stylist, Fashion Illustrator, Fashion Journalist, dan Fashion Blogger. Ada banyak perusahaan dan industri fashion yang diperlukan lulusan dari jurusan ini, kemudian Louis Vuitton, Christian Dior, Zara, pull & Bear, Stradivarius, dan masih banyak lagi.

9. Jurusan Desain Komunikasi intuitive (DKV)

Apabila kamu lulus SMK dengan daerah keahlian desain grafis dan tertarik mengasah kreativitasmu lebih lanjut, Jurusan Desain Komunikasi intuitive (DKV) ini mungkin kamu jadikan pilihan karena melanjutkan S1. Diatas jurusan ini, kamu akan mempelajari sekitar teknik menyampaikan media mencapai memanfaatkan elemen visual. Terdapat tiga peminatan apa bisa kamu pilih disesuaikan menjangkau kemampuanmu, yaitu Komunikasi Grafis, Komunikasi intuitive Periklanan, dan Komunikasi Multimedia.

Baca juga: Kamu tertarik dengan industri Kreatif? 7 Jurusan Ini sanggup Kamu Pilih

Di Indonesia ada beberapa kampus apa memiliki Jurusan DKV, such Institut Teknologi Bandung (ITB), hochschule Negeri Malang (UM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut artian Indonesia (ISI). Lulusan dari jurusan ini kamu become mendapatkan jasanya Desain (S. Ds). Gelar tersebut bisa kamu gunakan karena melamar pekerjaan di berbagai bidang such seorang Desainer Grafis, Ilustrator, Animator, dan web Designer.

10. Jurusan movie dan Televisi

Salah satu jurusan kuliah apa bisa kamu pilih nanti lulus dari SMK menjangkau Program teknologi Multimedia adalah Jurusan movie dan Televisi. Selain belajar sekitar teknis pembuatan film dan siaran programme televisi yang sudah kamu peroleh di SMK, kamu also akan dibekali menjangkau berbagai keahlian such manajemen making televisi, penulisan naskah, pengarahan acara, tata artistik, tata foto elektronik, dan editing elektronik.

*

Proses editing and enhancing (Sumber: filmeditingpro.com)

Karena dunia perfilman sekarang another happening, maka nggak luar biasa kalau lulusan jurusan ini crowd dibutuhkan. Kamu bisa mencoba berkarier di bidang broadcast dan industri perfilman kemudian Asisten setting Film, Sutradara, Editor, Talent Director, dan Teknisi Kamera dan Fotografi.

Nah, itulah holistik mengenai pemfitnahan jurusan yang cocok bagi kamu lulusan SMK apa masih bingung mau masuk jurusan apa. Agar nggak penyimpangan pilih, sebaiknya jurusan kuliah tersebut kamu sesuaikan mencapai kemampuan dan bidang apa kamu sukai ya. Maka dari itu, yuk siapkan dirimu dari sekarang untuk menghadapi ujian dimasukkan perguruan tinggi bersama ruangbelajar.

*

Referensi:

‘Jumlah Pelanggan E-Commerce Tercatat Meningkat 38,3% Selama Pandemi’. Tirto.id Tautan: https: //tirto.id/jumlah-pelanggan-e-commerce-tercatat-meningkat-383-selama-pandemi-f1eP (Diakses: 24 Oktober 2020).

Lihat lainnya: Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami Dalam 3 Hari, 13 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

‘Film dan Televisi’ content Jogja Tautan: https: https: //isi.ac.id/program/seni-media-rekam/jurusan-televisi/ (Diakses: 25 Oktober 2020).

Sumber foto:

Foto Mechanical design . Tautan: bestcolleges.comhttps://www.bestcolleges.com/careers/science-and-engineering/mechanical-engineering/ (Diakses: 26 Oktober 2020)

Foto mahasiswa Jurusan Teknik Informatika . Tautan: https://www.paretouniversity.com/informatic.php (Diakses: 26 Oktober 2020)

Foto aktivitasnya mahasiswa Jurusan Pariwisata . Tautan: http://khazar.org/en/news/4600 (Diakses: 26 Oktober 2020)

Foto proses Editing movie . Tautan: https://www.filmeditingpro.com/ (Diakses: 26 Oktober 2020)