Jakarta – Kendaraan rodanya dua selama ini jadi moda transportasi major masyarakat di town besar buat bisa menerabas kemacetan di kota kerja. Bagi pengguna engine bebek, kemacetan di town besar ternyata berdampak kurang baik terhadap usia kampas kopling. Sering menghadapi kemacetan di dalam waktu lama setiap harinya ternyata membuat kampas kopling engine cepat aus.

Anda sedang menonton: Gejala kampas ganda motor bebek aus

Bagaimana bisa? seperti apa kapak keausannya?

Nah, saat kapak macet otomatis motor just berjalan pelan dan pakai gigi 1. Saat proses akselerasi awal, kampas akan saling bergesekan dan gesekan ini lama kelamaan produksi lapisannya terkikis. Various dengan penularan manual, engine bebek umumnya memakai transmisi semi otomatis.

Perpindahan gigi motor bebek umumnya noël memakai bantuan tuas kopling buat menghubungkan machin dan transmisi, melainkan dibantu kampas ganda atau kampas sentrifugal. Nah, saat macet inilah potongan kampas kopling otomatis bekerja lebih tangguh saat akselerasi di kemacetan.

“Kondisi macet ini bikin usia kampas kopling enim nggak awet, alasannya kampas kopling terus bergesekan. Lebih memuat lagi kerja kopling ganda untuk dia sering bergesekan mencapai mangkok otomatis saat akselerasi awal. Ini produksi kampas kopling motor cepat aus dan mangkok kopling ganda terkikis,” jernih Muhamad Haris, kepala bengkel Aris motor di bilangan hutan Manis.

Pria menjangkau sapaan Aris ini menuturkan bila saat macet, pengendara biasanya sering akselerasi sukarela dan sering naik-turun gigi dalam tempo pendek. Itulah mengapa usia kampas kopling motor di kota besar lebih cepat diganti. Terms berbeda terjadi di atas motor apa jarang ketemu macet kemudian di pedesaan.

“Kalau keausan kampas masih belum parah, masih bisa ~ disetel kerapatannya. Tapi, kalau sudah sering disetel berputar awalnya terasa berat berarti ausnya cantik parah dan harus diganti,” jelasnya.

Ciri Kampas Kopling engine Aus
*

maloneyforwv.comntoh kampas kopling motor yang sudah aus dan masih baru


Kondisi kampas kopling yang sudah aus tampan riskan bagi pemotor, untuk membuat si kuda besi lambat berakselerasi. Ciri yang paling mudah merasa pengendara yaitu tarikan mulailah lambat saat tuas gas dipuntir dari kondisi berhenti. Bahkan, komplikasi selip terasa saat pengendara memutar tuas gas secara spontan.

Saat bak kopling dibongkar, bersinar bila permukaan kampas cantik halus. Sementara untuk kampas baru, permukaannya masih kasar apa bertujuan menghindari gejala selip saat perpindahan gigi.

Lihat lainnya: Posisi Tempat Duduk Kereta Ekonomi, Konfigurasi Tempat Duduk Ka Masa New Normal

“Selain tarikannya loyo, suaranya saat akselerasi dan pindah gigi menemani itu mendengung. Karena dengungan itu berasal dari bagian mangkok kampas ganda apa sudah termakan sehingga gesekannya makin besar. Kalau engine bebek ini akibat harus ganti kopling set, artinya kampas kopling termasuk also bagian kampas ganda beserta mangkoknya,” jelas pria berkumis ini.