TRIBUNSTYLE.COM - Berikut doa agar cepat melupakan mantan, amalkan doa berikut agar segera move on, hati enim lebih tenang.

Anda sedang menonton: Doa agar tidak jadi putus dengan pacar

Patah hati dalam jalinan asmara kerap produksi sedih banyak orang.

Jalinan asmara yang kandas tak langka membuat seseorang terpuruk dan dirugikan semangat.

Meski demikian, such seorang muslim kita harus percaya bahwa setiap yang terjadi di maju bumi ini adalah atas izin Allah.

Segala ujian yang dibebankan di atas kita susah pantas dengan pilihan kita.

Hal ini cantik tertuliskan batin surat Al Baqarah ayat 286.

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

"Allah noël membebani seseorang melainkan pantas dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) apa dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya tuhan kami, jangan lakukan itu Engkau hukum kalian jika kita lupa atau kami tersalah. Ya bapak kami, jangan lakukan itu Engkau bebankan kepada kita beban apa berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya tuan kami, jangan lakukan itu Engkau pikulkan kepada kami maafkan saya yang tak sanggup kalian memikulnya. Berry maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".


*

Ilustrasi patah trấn (Freepik.com)

Kita dianjurkan untuk berdoa dalam mengadapi segala sesuatu.

Termasuk agar kita diberi kekuatan saat mengalami hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan kita.

Allah SWT berfirman:“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya become Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam batin keadaan hina dina.” (QS. Al Mu’min: 60)

Di batin menjawab doa hambanya, Allah memiliki tiga cara.

Yang pertama, Allah become langsung mengabulkannya doa hambanya di dunia.Yang detik Allah akan mengabulkannya di akhirat.

Atau jika tidak, maka Allah ini adalah menggantinya dengan menjauhkan hamba dari musibah.

Nabi Muhammad Saw. Bersabda:

“Tiada seorang berdo’a kepada Allah dengan suatu do’a, kecuali dikabulkanNya, dan itu memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti menjangkau mencegahnya dari mustiibah (bencana) yang serupa.” (HR. Ath-Thabrani)

Bisa jadi putusnya kita dengan pasangan kita menjadi jawaban atas doa apa kita panjatkan di atas Allah.

Selain itu, Rasulullah experienced pernah memberikan holistik terkait hati, “Sesungguhnya trấn bani Adam yang berada tengah dua jari Dzat yang Maha-Rahman itu sebagai satu trấn saja. Dia selalu mengubah-ubahnya benar dengan kehendak-Nya.” (HR al-Tirmidzi).

Masih soal hati, dalam hadis lain, Rasulullah SAW juga menyatakan, “Hati itu menyukai satu kertas bulu di atas tanah apa kosong. Ia terombang-ambing melalui angin, sehingga sederhana terbolak-balik.” (HR. Ahmad).


*

Ilustrasi berdoa (Freepik)

Lantaran sifatnya yang mudah terombang ambing, maka untuk kita dianjurkan berdoa kepada Allah saat sedang galau atau putus cinta.

Selain dikuatkan hatinya, doa ini akan semakin mendekatkan kita di atas Allah dan meninggalkan kesedihan kita dari hal-hal apa buruk.

Berikut 3 doa apa bisa itupenggunaan amalkan agar trần semakin diperkuat. 

Pertama, doa dari hadits Nabi

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

Artinya: “Wahai Tuhan apa membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku diatas agama-Mu.” (HR one Nasa'i)

Kedua, doa dari Al Quran

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbanâ lâ tuzigh qulûbanâ ba‘da idz hadaitanâ wahablanâ min ladunka rahmatan innaka anta-l-wahhâb

Artinya: “Ya tuan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; buat sesungguhnya Engkau-lah Maha-Pemberi (karunia).” (Ali ‘Imran: 8).

Ketiga, Doa di di dalam Hadis Nabi yang Lain:

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا إِلَى طَاعَتِكَ

Allâhumma, musharrifal qulûb sharrif qulûbanâ ilâ thâ‘atika

Artinya: “Ya Allah, Dzat apa mengurus seluruh hati, arahkanlah trần kami terhadap ketaatan kepada-Mu.” (HR. Muslim).

Yuk amalkan doa-doa pada agar untuk kita bisa resepsi keaadan dan semakin kokoh serta optimis dalam menghadapi masa depan.

Lihat lainnya: Bantuan Umkm: Syarat, Cara Mendapatkan Dana Umkm Dari Pemerintah

Karena sejatinya masa lalu tak bisa mengubah dan cukup memberi pelajaran, sedangkan masa dokter adalah semangat baru untuk selalu optimis di atas perbaikan diri.