Massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) ini adalah berdemonstrasi di Balai kota DKI champa dan Istana Negara, Jumat (10/11).Ketua Departemen Komunikasi dan Media KSPI Kahar Cahyono mengatakan, dalam jumlah besar buruh yang mendatangi dari beberapa daerah di tentang Jakarta di antaranya dari Bandung, Bogor, dan Cilegon. Mereka diperkirakan become tiba di Balai town pada jam 10.00 WIB pagi ini. “Buruh dari luar champa berangkat dari kemarin dan diperkirakan tiba pagi ini,” ujar Kahar saat dikonfirmasi maloneyforwv.com, Jumat (10/11). 
Dalam aksi nanti, Kahar menyebut mass buruh akan does long in march dari Balai kota Pemprov DKI Jakarta setelah istana negara.

Anda sedang menonton: Demo buruh 10 november 2017


Kahar menyatakan aksi long march ini merupakan bentuk perlawanan dan perjuangan mendapatkan upah apa layak. Dalam aksi kali ini massa buruh mengusung tiga tuntutan major yakni cabut PP 78 circa Upah Murah, kegemukan UMP DKI menjadi Rp3.917.000, dan turunkan harga listrik dan kebutuhan pokok. Wagub DKI jakarta Sandiaga Uno terdepan menyatakan akan terbuka mencapai aksi dalam jumlah besar buruh days ini. Sandi menyebut komitmen itu hingga saat ini sama, yakni ingin minum kesejahteraan buruh. Dari pantauan maloneyforwv.com hingga menjelang pukul 10.30 WIB, belum lampu satu pun ukuran buruh di dokter Balai Kota. Namun sejumlah mobil barracuda dan van milik kepolisian telah disiagakan di halaman Balai Kota.

Pihak Polda subway Jaya menyatakan ini adalah mempersiapkan 15 ribu personel untuk mengamankan aksi buruh tersebut.Balai kota DKI Jakarta dalam beberapa aku terakhir kerap were tempat sasaran aksi demonstrasi buruh. Bab itu tak lepas dari kebijakan Pemprov DKI yang menetapkan UMP DKI champa sebesar Rp3,6 juta ataukah lebih inferioritas dari tuntutan buruh sebesar Rp3,9 juta.Dalam demo kemarin, elemen dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) menilai cabang DKI champa Anies Baswedan-Sandiaga Uno just menjadikan buruh seperti alat politik karena memperoleh tumpukan pemimpin ibu kota."Kita semua hanya menjadi komoditas politik beliau buat mendapat jabatan," kata seorang orator di tengah dalam jumlah besar aksi.

Lihat lainnya: Kim Bum Oh Yeon Seo - It'S Love! Hwayugi Star Oh Yeon


Orator itu juga mengungkit janji-janji Anies-Sandi apa dilontarkan selama masa kampanye."DP nol persen, bayar Rp7 juta, ibaratnya untuk kita nonton ludruk di Jatim apa isinya guyonan. Kita enim korban guyonan itu," ujarnya."Kita noël akan pernah terima dipimpin melalui gubernur dan wakil cabang pembohong. Baru beberapa hari (menjabat) siap mengingkari janji. Bagaimana itu? beberapa tahun ke depan?" lanjutnya.Ditemui nanti aksi, Koordinator utama KSBSI DKI sampanye Dwi Harto menjelaskan alasannya pihaknya menyebut Anies-Sandi keuntungan mereka seperti komoditas politik."Kenapa kita katakan such alat komoditi? Pertama, dia noel menepati kontrak politiknya. Untuk tidak menepati, artinya dia mengkhianati harapan buruh DKI Jakarta buat mendapatkan upah layak," ujarnya.
*