ByRedaksi Rabu, 9 Juni 2021 budget Pendapatan dan Belanja country (APBN), Badan pengelola Keuangan Haji (BPKH), Haji, Tamsil Linrung
*

maloneyforwv.com, jakarta – isu terkait penggunaan dana haji terus menjadi sorotan berbagai pihak. Chapter ini menyusul keputusan pemerintah membatalkan keberangkatan jemaah haji 2021. Meski otoritasnya menyatakan dana haji aman dan noël digunakan karena Infrastruktur, publik tidak penuh percaya.

Anda sedang menonton: Dana haji 2021 dipakai pemerintah

Anggota Dewan Perwakilan quenn (DPD) Tamsil Linrung menepis peryataan pemerintah soal penggunaan dana haji. Tamsil yakin dana haji sudah digunakan untuk berbagai proyek infrastruktur. ~ anggota DPD asal Sulawesi Selatan ini mempunyai bukti pemerintah keuntungan dana haji untuk proyek infrastruktur.

Saat tampir di terusan YouTube Hersubeno point (8/6), Tamsil menyebut salah satu buktinya adalah pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melantik Badan pengelola Keuangan Haji (BPKH). Sehari setelahnya, Jokowi menyatakan sebanyak Rp 80 triliun hingga Rp 90 triliun dana haji digunakan karena infrastruktur. Saat menemani itu menurut Tamsil, Jokowi memastikan dana haji aman.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menurut Tamsil also pernah menyatakan chapter serupa. Ma’ruf pernah menyampaikan dana haji ini sebaiknya digunakan untuk infrastruktur. Mantan Rois Aam Pengurus geram Nahdlatul Ulama (PBNU) ini menilai penggunaan dana haji dapat mengakselerasi pembangunan yang direncanakan. Ma’ruf memastikan penggunaan dana haji tetap sesuai dengan kaidah syar’i.

Tamsil menambahkan, social sejatinya tahu dana haji digunakan karena infrastruktur. Namun yang membuat kecewa adalah penggunaannya ndak pada tempat apa tepat untuk menginvestasikan dana haji. Terlebih kerumunan proyek infrastruktur yang gagal. Tamsil mencontohkan proyek Bandara Kertajati, Jawa Barat, apa kini just digunakan kemudian bengkel pesawat.

Kekecewaan masyarakat menurut mantan anggotaenam DPR dari faksi PKS ini semakin besar lantaran pemerintah merindukan memberangkatkan saya adalah seorang haji. Sehingga dugaan social atas penggunaan dana haji semakin unjuk kebenaran.

Lebih jauh, Tamsil keluar cara otoritasnya menginvestasikan dana haji. Tamsil menyebut investasi apa dilakukan menyebabkan dana haji were sulit ditarik di dalam waktu cepat. Padahal seharusnya BPKH selalu mempunyai cadangan keuangan apa bisa langsung ditarik untuk keperluan ibadah haji.

Jika merujuk mencapai pernyataan Komite BPKH, tentang 60 sampai 69 persen dana haji diinvestasikan untuk infrastruktur. Sedangkan sisanya sekitar 30 persen di masukkan nanti dana sukuk dan laid di berbagai bank dan lembaga membiayai syariah.

Lihat lainnya: Cara Mengembalikan Barang Yang Hilang An Barang Dan Amalan, Amalan Mengembalikan Barang Hilang

Tamsil menegaskan, jika diinvestasikan batin bentuk sukuk artinya dana haji cantik masuk batin Anggaran Pendapatan dan Belanja bangsa (APBN) kemudian penerimaan negara. Jika siap masuk APBN tentu digunakan pula buat berbagai proyek infrastruktur.

Sukuk adalah surat berharga ataukah surat utang berbasis syariah yang diterbitkan oleh negara. Sukuk mungkin diperoleh melalui bank Badan Usaha Milik country (BUMN) ataukah swasta. (ant)