Temukan bambu petuk asli karena barang koleksi atau azimat. Jangan sampai tertipu dengan barang palsu. Cek keaslian produk dan menyarankan harga keunggulan dari pelapak di seluruh Indonesia.

Anda sedang menonton: Ciri ciri adanya bambu petuk


*

*

Kisah Jokowi dan Oleh-Oleh Bambu Petuk nguyên dari Cilacap

Presiden Jokowi mendapat buah tangan nan unik dari seorang burger Cilacap, bambu petuk alias pring pethuk. Bambu tersebut dikenali saat dirinya hendak menyundul Gedung Patra Graha Pertamina buat menyerahkan bantuan program Keluarga harapan (PKH) dan Bantuan Pangan no Tunai (BPNT).

Kisah Jokowi dan bambu petuk pemberian burger ini kemudian menjadi viral, hingga making netizen penasaran. Pasalnya, bambu petuk merupakan jenis bambu langka yang dipercaya memiliki kemampuan such azimat.

Sekilas sekitar Bambu Petuk atau Pring Petuk

Bambu petuk atau pring petuk adalah batang bambu yang ditumbuhi penembak ganda di kedua sisinya. Penembak di senin sisi ini saling pertemuan atau pethuk dalam bahasa Jawa. Normalnya, penembak bambu selalu tumbuh ke atas. Bambu apa tunasnya tertanam mengarah usai ruas pohon jelas termasuk fenomena tak biasa. Untuk itulah bambu petuk nguyên diperlakukan kemudian barang langka.

*

Mitos Seputar Bambu Petuk

Beberapa literasi dan mitos Jawa kuno menyebut bambu ini menjadi incaran, karena dipercaya memiliki ribuan manfaat. Mitosnya, bambu petuk nguyên bisa mengundang rezeki, menjadi penglaris bisnis, bahkan membangkitkan karisma yang luar biasa bagi pemiliknya.

Ciri-Ciri Bambu Petuk Asli

Keistimewaan lainnya, bambu pethuk ini ditanam tunas ganda, ruas bambu ditumbuhi dua tunas apa saling bertemu (pethuk). Secara alamiah, penembak bambu memang always tumbuh setelah atas. Tentu saja merupakan sebuah takjub saat ada bambu apa tunasnya tumbuh usai arah sebaliknya atau saling berhadapan dengan penembak normal lainnya.

Mengapa Bambu Petuk nguyên Dijual Mahal?

Karena mitos seputar khasiat dan tuah apa dimilikinya, bambu petuk asli enim banyak dicari. Sedikitnya bambu langka ini jelas untuk membuat harga melambung tinggi. Terlepas dari mitos tentang keajaibannya, bambu petuk juga diburu kolektor semata-mata karena keunikan bentuknya. Bagi mereka, barang ini tak kalah berharga dari guci lehernya dari China, keris, atau batu akik langka.

Cara Membedakan Bambu Petuk nguyên dan Palsu

Karena permintaan pasar yang tinggi dan sedikitnya produk, tak luar biasa jika ada saja oknum tak bertanggung jawab yang mencoba memalsukan bambu petuk. Cara untuk mengenali barang seperti ini tampan sederhana.

Pring petuk palsu memiliki salah satu tunas yang pada pertautannya dengan ruas terdapat guratan-guratan abnormal such bekas dilem. Dempul, lem, dan bubuk bambu tradisional terdapat pada sambungan pring petuk palsu. Jika direndam, pring petuk palsu ini adalah mengambang, sedangkan pring petuk asli menjadi tenggelam.

Bambu petuk nguyên biasanya masih hidup. Jika tunas yang tumbuh nanti bawah masih segar dan hijau, bisa memanggang bambu petuk yang ditawarkan kepada anda memang asli.

Lihat lainnya: Biaya Haji 2021 Dalam Rupiah

Harga Bambu Petuk asli di Pasaran

Bambu petuk asli yang masih kehidupan biasanya ditawarkan menjangkau harga ratusan million hingga milyaran rupiah. Sementara bambu petuk yang sudah diawetkan bisa ~ didapat mencapai harga apa lebih murah. Namun konvensional bambu sebagai ini cantik dilapisi kuningan ataukah pernis, untuk tujuannya memang sebagai barang koleksi.