Saat ini makin marak menangani maupun bangunan apa memasang generator Listrik Tenaga matahari (PLTS) seperti suplai listrik selain listrik PLN. Sebelum proses instalasi PLTS biasanya sering terdapat pertanyaan PLTS dengan warisan off-grid atau on-grid apa cocok buat hunian kita. Dalam item kali ini warung Energi menjadi mengulas lebih batin tentang aset PLTS off-grid serta on-grid.

Anda sedang menonton: Cara membuat listrik tenaga surya untuk rumah


Berdasarkan defisininya PLTS on-grid adalah asetnya PLTS yang hanya akan hasilkan listrik ketika terdapat listrik dari dari grid (PLN). PLTS akan mengirimkan kelebihan produksi listrik apa dihasilkan ke PLN, sehingga memungkinkan tangani itu jual-beli (ekspor-impor) listrik ataukah dapat dikreditkan buat pemakaian listrik selanjutnya. Namun haruss diperhatikan dalam proses ekspor-impor listrik ini memerlukan meteran listrik khusus, yakni net metering. PLN individu telah menyediakan net metering yang dapat menunjang tangani itu ekspor-impor listrik dari PLTS setelah jaringan listrik PLN.

Sistem on-grid ini termasuk sistem PLTS yang sederhana serta merupakan sistem yang efektif batin segi biaya. Komponis utama batin PLTS on-grid adalah panel surya serta inverter. Sistem on-grid dapat secara langsung mengimbangi tagihan listrik. Namun asetnya ini luaran kekurangan yakni jika terdapat mati listrik dari PLN maka hunian juga akan mengalami mati listrik, mengingat batin pembangkitannya PLTS on-grid bergantung dari listrik PLN untuk dapat menggenerasi listrik.



Berdasarkan definisinya PLTS off-grid adalah warisan PLTS yang memungkinkan buat menyimpan listrik dari PLTS dalam baterai buat digunakan ketika listrik PLN mati atau jika kediaman kita berada pada menyiksa tanpa akses listrik PLN. Batin hal ini menjadikan warisan PLTS off-grid noël dapat melakukan proses ekspor-impor listrik nanti PLN.

Salah satu keunggulan sistem off-grd bila dibandingkan dengan aset on-grid yakni dapat tetap menyediakan listrik jika terdapat pemadaman listrik dari PLN. Namun aset ini pribadi kekurangan yakni kemungkinan tidak dapat memenuhi kebutuhan beban listrik secara bruto mengingat biaya serta nada baterai dapat dulu sangat tinggi. PLTS off-grid diperlukan peralatan yang lebih kompleks serta cost yang greater bila dibandingkan PLTS on-grid. Komponen kepala dari sistem off-grid adalah panel surya, charge controller, inverter, serta baterai. Inverter yang digunakan dalam asetnya off-grid variasi dengan warisan on-grid. Di atas sistem off-grid inverter yang used adalah inverter dengan kemampuan bi-directional sehingga mampu mengisinya baterai dan menangkap listrik dari baterai untuk digunakan usai beban.

Selain itu, penataan array panel surya dan jumlah baterai apa diperlukan tampan kompleks di ~ sistem off-grid. Detail analisis dari kebutuhan listrik ini adalah diperlukan di dalam mendesain sistem. Selain itu diharuskan pengkabelan mengulang pada panel listrik utama di dalam bangunan buat mengisolasi beban kritikal (kulkas serta beberapa lampu) saja sehingga hanya mereka apa mendapatkan listrik saat terjadi pemadaman listrik PLN. Halaman ini berarti peralatan listrik yang tidak kritikal misalnya AC, TV, machin cuci, serta peratalan listrik yang lain noel akan mendapatkan listrik saat terjadi pemadaman PLN.

Hal ini mengakibatkan instalasi PLTS off-grid lebih kompleks liêu on-grid. Hal ini dikarenakan terdapat elemen berbahaya, konvensional adalah baterai mencapai arus tinggi sehingga diharuskan pelatihan ekstra di dalam menanganinya. Selain itu, baterai adalah komponen yang cukup mahal, memerlukan maintenance, dan penggantian secara berkala.

Dikarenakan banyaknya komponen ekstra serta instalasi apa lebih kompleks maka nilai instalasi PLTS asetnya off-grid biasanya lebih tinggi daripada PLTS on-grid. Nilai PLTS off-grid dapat mencapai 2 hingga 3 kali cost instalasi PLTS on-grid per-watt yang sama. Serta meminta maintenance secara teratur.



Kami noel merekomendasikan sistem PLTS off-grid buat rumah tangga apa telah terpasang dengan listrik PLN. Hal ini dikarenakan PLTS off-grid tidak efektif dalam hal biaya serta terbilang rumit baik instalasi baik dealing pasca instalasi untuk rumah tangga. Tidak efektif di dalam hal biaya untuk anda harus mengeluarkan pengeluaran 2 – 3 kali lebih tinggi liêu sistem PLTS on-grid buat kapasitas pemasangan yang sama. Sehingga karena pemasangan dalam tangga kita merekomendasikan perakitan PLTS on-grid untuk didukung menjangkau adanya asetnya ekspor-impor oleh PLN.


*

Peluang dan tantangan penyediaan energi Terbarukan

Juli 17, 2018
*

Bos pintu Multindo Nusantara dan CFO pub Energi Rasakan Hangatnya Bisnis di industri Solar PV

Agustus 30, 2020

Startup energi Bersih memanggang Disrupsi Bisnis Masa Depan

Agustus 30, 2020

This post Has 6 Comments

*

Penjelasan yg mendesak bagus. Kalau device on-grid, berarti harus ada kerjasama dengan PLN. Menjangkau kata lain become tergantung di PLN. Apakah system’ admistrasi PLN siap mendukung system’ on grid secara nasional? bertubi sebelumnya.

Lihat lainnya: Baca Manga Slam Dunk Sub Indo, Baca Manga Slam Dunk Chapter 1 Bahasa Indonesia


*

Kalo solar lansung keinverter apakah bisa,? saya just butuh siang saja dan saya cuman punya solar 100wp sedangkan saya butu 100 Watt minimal, apakah bisa.