Cepat, Tepat, Akurat, Luas, dan mudah Dipahami.Informasi mengenai Prakiraan Iklim, Cuaca, Kualitas Udara, dan Gempabumi di wilayah Jawa Tengah.

Anda sedang menonton: Berita semarang hari ini 2020 terbaru


Stasiun Klimatologi Klas i Semarang.Jl. Siliwangi No. 291 - Semarang Kalibanteng Kulon, Semarang Barat, Jawa tengah - Indonesia 50145 | Telp. (024) 7609016

*


Tingkatkan pengetahuan Petani Antisipasi tabrakan Iklim Ekstrim, BMKG Staklim Semarang Gelar SLI operasional di Temanggung

Temanggung - batin rangka meningkatan pengetahuan petani karena mengantisipasi impact fenomena penginapan ekstrim, Badan Meteorologi, Klimatologi dan fisika bumi (BMKG) apa dalam chapter ini diwakili oleh stasiun kereta Klimatologi Semarang kembali menggelar sekolahnya Lapang gasthof (SLI) Operasional apa berlangsung di Desa Tuksari, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah diatas Minggu, (11/4).

SLI dilaksanakan BMKG mencapai bekerja sama mencapai pemerintah menyiksa Provinsi Jawa Tengah, para petugas lapang dan penyuluh pertanian, apa langsung dipindah dengan masyarakat petani, untuk melakukan langkah strategis agar para petani tetap sanggup beraktivitas dan mampu meningkatkan ketahanan pangan di markas besar pandemi COVID-19 menjangkau berbasis berkonsultasi virtual/daring.

Sukisno kemudian Koordinator BMKG Propinsi Jateng keluar bahwa SLI merupakan suatu kegiatan interaktif menggunakan cara Belajar Sambil praktek dengan pemfitnahan tahapan dimana para petani/peserta belajar mengidentifikasi personally permasalahan apa terjadi. Kemudian petani dapat mengungkapkan permasalahan tersebut kepada rekan-rekan sesama peserta dan also kepada PPL/POPT dilanjutkan mencapai menganalisa, menyelidiki sebab terjadinya permasalahan dalam lahan belajar. Ke diketahui penyebab masalahnya lalu disimpulkan dan antisipasinya. Lebih dekat para petani menerapkan solusi dari permasalahan yang telah dihadapi berdasarkan pengalaman yang sudah dipelajari.

SLI apa diikuti 30 peserta terdiri dari 5 penyuluh pertanian dan selebihnya petani bawang di Desa Tuksari itu ini adalah berlangsung secara virtual/daring serta praktik langsung di lapangan sebanyak 5 kali pertemuan dalam waktu sekitar 4 bulan dalam satu musim tanam. Praktik di lapangan menjadi dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk memutus mata berantai penularan COVID-19.

Sekretaris daerah Temanggung, Hary Agung Prabowo, di ~ kesempatan apa sama menyampaikan bahwa wilayah yang dipimpinnya sangat mendukung karena pengembangan komoditas unggul deviasi satunya bawang merah, namun petani patuh kali mengalami merindukan panen untuk dampak perubahan dan gangguan iklim sehingga petani harus merugi.

"Sektor pertanian sangat terbantu dengan adanya insula dari BMKG, sehingga dapat were rujukan untuk konspirasi kegiatan penanaman, pemupukan, pemeliharaan, dan kegiatan budidaya lainnya," kata Sekda Temanggung.

Dia menambahkan, fenomena perubahan iklim tidak bisa dikendalikan namun kecakapan batin membaca fenomena tersebut mendesak penting karena menjadi landasan untuk untuk mandatnya aktivitas pertanian.

Dalam sambutannya, Dwikorita menjelaskan bahwa SLI ini diselenggarakan menjangkau mempertimbangkan terms iklim, topografi serta masukan dari masyarakat, aparat setempat serta penyuluh petani. "Sehingga diharapkan menjangkau SLI ini dapat dipahami dan juga dapat diprediksi terms cuaca seminggu ke depan dan itupenggunaan sudah untuk mengetahui kondisi iklimnya saat ini masih ada hujan", tutur beliau.

Ia melanjutkan, "jadi kita mungkin memanfaatkan sisa musim hujan ini agar dapat diperolah panen apa lebih dari biasanya dan times panen ini noël bersamaan mencapai petani lain, noël banyak pesaingnya. Seperti tahun lalu panennya agak perbedaan dengan (petani) yang lain sehingga harga panennya lebih bagus".

Dwikorita berharap dengan adanya SLI ini dapat memberi motivasi bagi para petani mencapai lebih memahami cuaca dan iklim, dapat pengayaan tidak hanya hasil panen, tetapi tambahan kesejahteraan mereka.

Dalam SLI ini hadir pula Ir.Sudjadi, anggota Komisi V DPR RI seperti salah satu inisiator aktivitas tersebut, juga Kepala melayani Ketahanan Pangan agraris dan Perikanan Kab Temanggung, Joko Budi Nuryanto SP. M.Si., kursi DPRD Kab. Temanggung yang diwakili melalui Drs. Tunggul Purnomo, utama Balai geram Wilayah II, Hendro Nugroho. Serta koordinator BMKG Jawa Tengah, Sukasno.

*
 
*
 
*
 


Staklim Semarang mendapatkan Predikat WBK dari Kemenpan

Alhamdulillah, pada days Senin tanggal 21 Desember 2020, BMKG stasiun Klimatologi Semarang mensukseskannya ditetapkan seperti salah satu dari 9 UPT BMKG se-Indonesia yg mendapatkan predikat such UPT wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kemenpan RB. Predikat tersebut thalamus kepada seluruh satker / lembaga pemerintahan yg telah lolos dari penilaian yang dilakukan melalui tim Kemenpan RB pada beberapa waktu yang lalu. Harapan dengan mendapatkan predikat WBK tersebut, Staklim Semarang dapat pengayaan performa dan memberikan pelayanan yang lebih baik another kedepannya, sehingga mungkin mempertahankan predikat WBK dan mendapatkan predikat Wilayab Birokrasi Bersih melayani (WBBM) di lima mendatang.

#antikorupsi#stopgratifikasi#wbkwbbm #wbk#bmkg#infobmkg#jateng#zimenpan#kemenpanrb#rb

*
 
*
 
*
 
*
 
*
 
*
 


SLI reaksi COVID19 - Kab. Magelang

Magelang - BMKG stasiun Klimatologi Semarang menyelenggarakan dibuka Sekolah Lapang gasthof (SLI) menjawab Covid-19 di Aula temu Balai Desa Pandean, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Kamis (10/12). Aktivitas ini juga berlangsung secara on line via Zoom Cloud Meeting dan live streaming di Youtube.

Sekolah Lapang penginapan merupakan deviasi satu upaya BMKG dalam meningkatkan literasi gasthof dan desiminasi informasi iklim untuk pertanian, benar intruksi Presiden numeral 5 lima 2011, yaitu Pengamanan untuk membuat Beras Nasional dalam Menghadapi kapak Iklim Ekstrim.

SLI menjawab Covid-19 ini diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan petani batin memanfaatkan insula iklim guna melakukan antisipasi dan adaptasi terhadap kerusakan iklim ekstrim buat kegiatan pertanian di atas masa pandemik Covid-19 di Kec. Ngablak.

Kegiatan ini mengambil napas dalam-dalam konsep new normal, accordingly pelaksanaan aktivitasnya dilaksanakan secara finite dengan dengan tegas memperhatikan protokol diberkatilah anda Covid-19. Kegiatan ini mengikuti oleh 75 rakyat petani dari kelompok Tani dari 16 Desa apa ada di Kec. Ngablak.

Selain penganugerahan materi tentang Informasi Cuaca dan Iklim, Pengaruh Cuaca dan gasthof terhadap tanaman, BMKG juga menyerahkan benih, pupuk dan pestisida kepada 18 doan Tani di Kec. Ngablak, yang diharapkan mungkin dimanfaatkan buat bahan budidaya agraris dengan menerapkan ilmu/materi yang sudah didapat diatas Sekolah Lapang Iklim.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati yang mengikuti acara secara online mengucapkan bertubi kepada otoritas Kab. Magelang apa telah berkenan kolaboratif melalui melayani Pertanian dan Dinas-dinas terkait untuk melakukan upaya pengayaan ketahanan pangan.

"Sebelumnya, kalian telah pengintai kegiatan serupa karena meningkatkan untuk membuat tomat apa telah menurun, sehingga dapat mengisi pangsa pasar yang memberikan biaya ekonomi apa bertambah. Deviasi satu tujuan SLI adalah mendukung peningkatan ketahanan pangan. Kalian BMKG sifatnya seperti pendukung menjangkau memberikan insula iklim dan cuaca," sebut Dwikorita.

Dwikorita menambahkan, insula cuaca dan iklim apa disampaikan BMKG diolah menjangkau pemodelan matematis berdasarkan data dari sensor-sensor AWS (Automatic Weather Station) apa mengukur curah hujan, direction dan perbandingan angin, kelembaban, serta tekanan udara apa tersebar diseluruh Indonesia, sehingga dapat diprediksi terms cuaca aku ini sampai 7 hari kedepan.

"Informasi pemodelan ini dapat terlibat secara digital melalui aplikasi information BMKG, dengan harapan seluruh hadirin di dalam kegiatan ini dapat meng-install aplikasi tersebut agar para petani dan penyuluh petani bisa melakukan perencanaan kemudian apa yang harus dilakukan di atas tanaman yang akan panen," imbuhnya.

Dwikorita juga menginformasikan bahwa selama Covid-19 ini, BMKG Jawa sentral telah pengintai 5 kegiatan di dalam setahun apa mana biasanya just ada 1 kegiatan.

Di akhir sambutannya, utama BMKG kembali mengingatkan setiap orang pihak untuk mewaspadai tabrakan La Nina yang berpotensi pengayaan curah hujan bulanan hingga 20% diatas normal.

"Diperkirakan diatas pertengahan Desember curah hujan menjadi meningkat, sehingga patut perhatian potensi wabah hidrometeorologi. Di magelang ada mayoritas wilayah yang rawan longsor, sehingga haruss diantisipasi potensi longsornya. Mohon di cek lereng-lereng apakah ada apa retak. Jika menemukan tanda-tanda tanah longsor di atas lereng mohon secepatnya dilaporkan kepada pihak berwenang," jelasnya.

Membuka acara SLI secara resmi, Dwikorita mengharapkan produk panen petani Ngablak dapat produktif bertambah dan dapat mengimbas di ~ pemulihan ekonomi Indonesia.

"Semoga semuanya diberikan health dan kesuksesan di dalam menjalankan program SLI, bertubi kepada pihak-pihak apa telah tolong kegiatan ini. Dan harapan kita semua diberikan health dan kesuksesan batin menjalankan program SLI," tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri malalui Anggota didelegasikan V DPR RI (secara virtual), bupati Magelang diwakilkan oleh asisten II Kab. Magelang, major BMKG tengah di Jakarta, Deputi Klimatologi BMKG (secara virtual), kepala Pusat Layanan informasi Iklim Terapan BMKG (secara virtual), major Balai besar MKG Wil. II (secara virtual), Kepala melayani Pertanian dan aset Prov. Jateng (secara virtual), Kepala dinas Pertanian dan Pangan Kab. Magelang, Camat Ngablak, KUPT BMKG Se-Jawa sentral & DIY (secara virtual), major Desa Se-Kecematan Ngablak, Tokoh sosial Desa Pandean, Kec. Ngablak, dan Peserta sekolah Lapang penginapan Tanggap Covid-19

Diharapkan setelah kegiatan SLI ini selesai, para peserta bisa mempraktekan materi apa disampaikan dalam kegiatan pertanian di lingkungan dan kelompoknya, serta selalu memanfaatkan insula iklim dan musim dalam menunjang pola tanam.

Lihat lainnya: Cara Sholat Sendiri Di Rumah, Arti Bacaan Sholat Dari Niat Hingga Tahiyat

#sliuntukpetani#pplmitrapetani#bmkgsedulurepetani#maloneyforwv.com#infobmkg#bmkgjateng#staklimsemarang#pahamiiklimuntukkehidupan#kenaliiklimnyarencanakankegiatannya.