Bayi ASI jarang BAB kerap kali membuat kerumunan orang tua merasa khawatir. Bila halaman ini terjadi di atas buah trần Bunda, jangan panik dulu, ya! Mari simak penjelasannya berikut ini.

Anda sedang menonton: Bayi 3 bulan susah bab tapi sering kentut

Karakteristik limbah air besar (BAB) merupakan deviasi satu indikator diberkatilah anda bayi. Jadi, berbiaya bagi Bunda karena memerhatikan adanya perubahan warna ataukah tekstur di atas tinja, serta berapa kali Si kecil BAB batin 1 minggu. Mencapai begitu, Bunda dapat memantau diberkatilah anda dan kecukupan gizi apa diperoleh Si Kecil.

*

Apakah Normal bayinya ASI langka BAB?

Bayi ASI apa jarang chapter biasanya tergolong normal dan noël perlu dikhawatirkan, ya, Bun. Hal ini untuk komposisi ASI dimanfaatkan seluruhnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Jadi, sisa apa dikeluarkan dari tubuh oleh BAB maaster sedikit.

Sebenarnya, noël ada patokan khusus seberapa patuh BAB yang normal di ~ bayi. Umumnya, sayang baru lahir yang diberi ASI eksklusif menjadi BAB sebanyak 6–10 kali di minggu pertama usianya. Saat menjamu usia 3–6 minggu, bayi just akan chapter tiap beberapa days sekali, ~ ada yang noël BAB hingga kurang lebih 1 minggu.

Lain halnya mencapai bayi yang diberi berikan padaku formula. Umumnya, bayi apa diberi berikan padaku formula akan lebih sering BAB, yaitu sebanyak 2–4 kali sehari sampai usia 4 minggu. Usai itu, bayi menjadi BAB setiap days atau dua kali sehari.

Waspadai komplikasi Konstipasi pada Bayi ASI

Meskipun bayi ASI langka BAB tergolong normal, noel menutup kemungkinan ini also merupakan komplikasi dari konstipasi atau kesulitan BAB.

Kondisi ini asibe jarang terjadi di atas bayi ASI eksklusif. Umumnya, bayi awal mengalami kesulitan BAB selama diberikan tambahan susu formula ataukah sudah awal mengonsumsi memberi makan pendamping ASI (MPASI).

Bayi bisa orang orang bilang konstipasi jika mengalami gejala-gejala berat BAB di dalam 1 bulan. Gejala-gejala tersebut antara lain:

Buang air besar kurang dari 2 kali di dalam 1 mingguBayi bersinar kesulitan dan noël nyaman saat BABTinja bayinya keras dan kering, sehingga sukar keluarPerutnya akan terasa lebih sulit saat disentuhKeinginan menyusu menurunTinja berukuran besar-besar, juga bisa merobek dinding anus dan disebabkan perdarahan saat dikeluarkan

Bayi ASI langka BAB merupakan situasi yang umumnya normal. Meski begitu, Bunda tambahan perlu mengetahui tanda-tanda Si kecil sudah mengalami konstipasi. Selain itu, pastikan situasi ini noël memengaruhi bobot badannya. Jadi, terus pastikan Si small mengalami peningkatkan berat badan pantas usianya, ya, Bun.

Lihat lainnya: Cek Pajak Kendaraan Samsat Palembang ‬, ‪#‎Shorummobilpalembang‬

Jika Si small mengalami komplikasi kesulitan BAB sebagai di atas, coba mandikan ia dengan air basah dan berikan pijatan mengetuk pada perutnya. Bila Si small masih padat BAB, sebaiknya membawa ia usai dokter untuk mendapatkan aturan dirombak dan pengobatan apa aman baginya.