√ Edu passed Pass quality & clinical checked by advisor, review our quality control guidelance for much more info
tinjauannya Akademik by:

tinjauannya Akademik by: Nur Aini, S. Pd short article author scientific Rev by: Redaksi maloneyforwv.com

Ikan adalah deviasi satu hewan apa hidupnya berada di dalam air dan bernafas benefit insang. Secara umum, setiap orang ikan luaran sirip yang gunanya sebagai alat gerak ikan. Tipe ikan di world sangat beragam, terdapat 29.000 spesies ikan.

Anda sedang menonton: Bagian bagian tubuh ikan dan fungsinya

Pasti kita sering sekali lanskap ikan di sungai bahkan patuh memakan ikan apa sudah dimasak. Diatas pembahasan materi kali ini, kita akan membahas mengenai fragment tubuh quảng dan juga fungsinya.

*

Bagian kepala Ikan

Pada potongan ini terdiri dari ujung mulut hingga ujung tutup insang yang paling belakang. Bagian-bagian kepala ikan yaitu berupa:

Mulut: Mulut pada ikan bentuknya mendesak beragam, tergantung pada types ikannya dan types makanan yang dimakan ikan.Sungut: Sungut di ~ badan ikan digunakan seperti pendeteksi keberadaan memberi makan dan such alat pertahanan diri dari serangan ikan-ikan lainnya.Otak: fungsional otak ikan yaitu guna penerimaan rangsangan dari lingkungan.Insang: Insang pasti hatim oleh semua tipe ikan, gunanya yaitu seperti alat pernapasan di ~ ikan.Operkulum: Operkulum ini berfungsi buat menutupi insang ikan dari luar.Kloaka: Kloaka ini adalah lubang pengeluaran ikan, gunanya sebagai jalan keluar kotoran ikan atau di atas saat ikan does ereksi ataupun reproduksi.Membrana branchoistega: Bentuk dari membrana branchiostega ini tipis dan letaknya berada di bagian bawah tulang penutup insang. Berfungsi untuk menutupi tulang-tulang atasnya.

Bagian Badan Ikan

Limpa: Limpa diatas ikan berfungsi untuk menyaring bangku atau diseases dari batin darah.Hati: trấn berfungsi karena menghasilkan cairan empedu dan kemudian disimpan di di dalam kantong empedu dan diatas usus ikan, cairan tersebut digunakan buat mencerna lemak diatas tubuh ikan.Sirip: Sirip ikan ada dua jenis, yaitu sirip dada dan sirip punggung. Sirip dada berguna karena alat penggerak buat mengubah direction gerak di atas ikan. Sedangkan sirip punggung berguna buat sebagai penyeimbang pada tubuh ikan.Gurat sisi: bagian ikan memiliki guratan ikan apa memiliki fungsi buat mendeteksi perubahan tekanan di batin air.Scute: Scute ini sering disebut seperti sisik ikan. Memiliki bentuk kelopak apa tebal melelahkan dan diatur dengan membersihkan pada sikap ikan.Keel: wujudnya bergerigi apa bagian di antara meruncing dan letaknya berada di atas batang ekor ikan.

Lihat lainnya: Masakan Khas Daerah Di Indonesia Beserta Asalnya, Wajib Dicicipi

Bagian Ekor Ikan

Heterocecal: Merupakan potongan ujung ekor ikan apa bentuknya agak membelok ke arah dorsal.Homocercal: formatnya hampir sama dengan heterocercal.Protocercal: Ekor di atas ikan yang ujung belakangnya berbentuk lurus.Diphycercal: formatnya sirip ekor ini membagi secara simetris.