maloneyforwv.com.com, Jakarta Kementerian pelatihan dan budaya mengartikan teks eksplanasi adalah teks apa menerangkan ataukah menjelaskan mengenai proses atau fenomena makhluk maupun sosial. Teks eksplanasi merupakan deviasi satu jenis teks yang sifatnya informatif dan tidak untuk memengaruhi pembaca.

Anda sedang menonton: Apa ciri utama sebuah teks

Bagaimana ciri teks eksplanasi tersebut? paling khas dari ciri teks eksplanasi adalah isinya memuat fakta, disampaikan secara logis, dan mengungkap sebuah fenomena. Berdasarkan strukturnya, ciri teks eksplanasi adalah memuat tiga unsur utama seperti pernyataan umum, sebab-akibat, dan interpretasi. 


Baca Juga


“Teks eksplanasi adalah teks yang disusun mencapai struktur yang terdiri atas bagian-bagian apa memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup,” dijelaskan oleh salah seorang ahli, Mashun (2014: 189).

Memahami ciri teks eksplanasi adalah deviasi satu langkah penting penyusunan types teks ini. Umumnya, teks eksplanasi membuat dengan tentukan topik, making kerangka, mengumpulkan referensi, mulai mengembangkan, dan menyunting karena bagian akhir.


Mulai kemarin (8/9) ada fasilitas baru di setiap stasiun MRT Jakarta, yakni ruang Baca. Bukan sekedar ruang, tapi para pengguna MRT dapat meminjam buku untuk dibaca selama bepergian di dalam MRT.


2 dari 6 halaman

Ciri Teks Eksplanasi


*

Perbesar
Ilustrasi baca secara terpisah Credit: pexels.com/Haley
1. Ciri teks eksplanasi adalah terdiri dari tiga unsur utama sebagai pernyataan umum, sebab-akibat, dan interpretasi. 

2. Ciri teks eksplanasi adalah memuat hal-hal yang sifatnya fakta.

3. Ciri teks eksplanasi adalah isinya berdasarkan penjelasan secara ilmiah apa bersifat empiris sehingga dapat dipercaya.

4. Ciri teks eksplanasi adalah informasi yang dimuat noel boleh bersifat subjektif, tetapi harus objektif ataukah netral.

5. Ciri teks eksplanasi adalah umumnya debate proses terjadinya peristiwa yang penting dan memiliki nilai.

6. Ciri teks eksplanasi adalah tipe teks yang berbentuk deskriptif dan informatif.

7. Ciri teks eksplanasi adalah bagian pernyataan umum hanya berisi penjelasan singkat, menjawab pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana.

8. Ciri teks eksplanasi adalah bagian penjelas memuat hal-hal apa bisa angklung pertanyaan di atas bagian pernyataan umum, mengupas secara rinci.

9. Ciri teks eksplanasi adalah bagian interpretasi teks eksplanasi umumnya menjelaskan sekitar kesimpulan dari bagian penjelas.

10. Ciri teks eksplanasi adalah lebih terfokus pada hal umum, ndak partisipan manusia.

11. Ciri teks eksplanasi adalah lebih crowd menggunakan verba product serta verba relasional (kata action aktif).

12. Ciri teks eksplanasi adalah umumnya keuntungan konjungsi times dan kausalitas.

13. Ciri teks eksplanasi adalah penyusunannya benefit kalimat pasif dan ditampilkan dengan susunan apa logis.

14. Ciri teks eksplanasi adalah benefit konjungsi kausalitas maupun kronologis.

15. Ciri teks eksplanasi adalah noël jarang ditulis berdasarkan pengalaman empiris.


*

1. Anderson

Pengertian teks eksplanasi adalah teks yang menyajikan serangkaian peristiwa. Hasil dari teks eksplanasi adalah untuk memberitahukan setiap langkah tangani itu (bagaimana) dan memberi alasannya (mengapa).

2. Priyatni

Menurut Priyatni, pengertian teks eksplanasi adalah teks apa berisi penjelasan circa proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. Sebuah teks eksplanasi berasal dari bertanya penulis terhubung dengan “mengapa” dan “bagaimana” suatu fenomena terjadi.

3. Isnatun dan Farida

Isnatun dan Farida, pengertian teks eksplanasi adalah teks apa menjelaskan circa terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial.

4. Restuti ( 2013:85 )

Menurut Restuti, pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks apa menerangkan ataukah menjelaskan mengenai proses atau fenomena intisari maupun sosial.

5. Mahsun ( 2013: 189 )

Menurut Mahsun, pengertian teks eksplanasi adalah disusun mencapai struktur apa terdiri atas bagian-bagian apa memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup.

6. The modern-day English-Indonesian Dictionary: 651.

Menurut The contemporary English-Indonesian Dictionary, pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks apa berisi sekitar proses-proses yang berhubungan mencapai fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.

7. Kosasih, E. & Restuti

Pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses ataukah fenomena intisari maupun sosial.


*

Tujuan teks eksplanasi adalah menjelaskan ataukah menerangkan kyung sebuah proses ataukah peristiwa secara informatif dan faktual. Umumnya, teks eksplanasi keuntungan banyak sebenarnya dan pertanyaan-pertanyaan yang memiliki hubungan sebab dan akibat atau bersifat kausalitas.

Teks eksplanasi sendiri biasanya dimasukkan ke dalam teks lain buat memberikan informasi apa menjawab pertanyaan menarik tentang topik tertentu. Teks penjelasan memberi tahu audiens koknya sesuatu bekerja atau kenapa sesuatu terjadi.

Adanya teks eksplanasi diharapkan para pembaca dapat memahami proses terjadinya suatu peristiwa apa bersifat kausalitas mencapai jelas. Selain itu, para penulis teks eksplanasi diharapakan mampu berfokus bukan pada subjek apa terlihat saja, tetapi juga pada suatu fenomena melainkan pada kejadian atau peristiwa apa terjadi.


*

1. Struktur Teks Eksplanasi

- Pernyataan umum

Pernyataan umum berisi gagasan yang berupa kalimat-kalimat yang menjelaskan sekitar suatu fakta yang bersifat umum. Pernyataan umum merupakan penjelasan tentang topik utama.

- Penjelasan

Deretan penjelasan merupakan berkembang biak dari teks eksplanasi. Bagian ini berisi kalimat-kalimat yang menjelaskan pernyataan umum. Deretan penjelasan dijelaskan kebenaran tentang mengolahnya terjadinya sesuatu dan sebab akibat sesuatu menyertainya terjadi.

- Kesimpulan

Kesimpulan atau interpretasi berisi menyimpulkan penjelasan dari penulis. Potongan ini juga berisi gagasan yang dapat berupa tanggapan, kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu.

2. Types Teks Eksplanasi

- Eksplanasi Sequential

Merupakan jenis eksplanasi apa menjelaskan secara rinci tahapan suatu fenomena, such urutan siklus kehidupan rantai makanan.

- Eksplanasi Faktorial

Merupakan types eksplanasi yang menjelaskan efek serta tujuan dari suatu proses. Sebagai efek terjadinya kolonialisasi contohnya.

- Eksplanasi Teoritis

Eksplanasi ini berisi spekulan kemungkinan apa mungkin terjadi di terbalik suatu fenomena alam. Contohnya saat ada letusan gunung merapi mungkin bisa dulu pemicu terjadinya wabah alam lain yang lebih dahsyat.

- Eksplanasi Kausal

Merupakan types eksplanasi apa menjelaskan kyung asal-muasal atau penyebab terjadinya sebuah perubahan diatas suatu bab secara bertahap. Contohnya bagaimana proses terjadinya negara longsor.



Dalam ilmu geografi, hujan tak just sekadar turunnya air nanti permukaan bumi. Hujan mungkin terjadi untuk sebuah proses yang terjadi di alam. Mengolahnya terjadinya hujan malalui beberapa tahap. Ada tiga tahapan utama proses terjadinya hujan yaitu evaporasi, kondensasi, dan presipitasi.

Evaporasi merupakan proses perubahan air apa berwujud cair were gas sehingga wait berubah dulu uap-uap waiting dan memungkinkanya untuk naik ke atmosfer bumi. Semakin tinggi panasnya matahari jumlah air yang menjadi basah air dan naik setelah atmosfer bumi also akan semakin besar.

Uap-uap air yang naik di atas ketinggian tertentu menjadi mengalami mengolahnya kondensasi atau pengembunan. Tangani itu kondensasi terjadi dimana damp air tersebut berubah menjadi partikel-partikel es berukuran mendesak kecil.

Perubahan wujud kelembaban air menjadi pita pengukur tersebut terjadi untuk pengaruh suhu udara yang sangat rendah di periode ketinggian tersebut. Partikel-partikel pita yang terbentuk ini adalah saling mendekati dan bersatu bolak-balik sehingga form awan.

Proses prespitasi adalah proses mencairnya awan acibe pengaruh melunakkan udara apa tinggi. Diatas proses inilah hujan terjadi. Butiran-butiran air memukul dan membasahi permukaannya bumi. Awan-awan yang terbentuk kemudian tertiup malalui angin dan mengalami perpindahan dari satu tempat ketempat lainnya. Proses ini berpendapatan adveksi atau proses perpindahan awan dari satu titik ke titik lain di dalam satu baris horizontal akibat arus angin ataukah perbedaan tekanan udara.

Lihat lainnya: Jam Tayang Motogp Argentina 2017, Jadwal Motogp Argentina 2017

Demikian tiga tahapan terutama hujan. Proses-proses tersebut harus dilalui sebelum turunnya hujan setelah bumi. Hujan merupakan penyimpangan satu dari siklus hidrologi yang merupakan suatu siklus perputaran wait dari bumi usai atmosfer dan bagian belakang lagi setelah bumi dan berlangsung secara terus menerus.